Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Berikut Dayah Yang Berstatus Perguruan Tinggi DI Provinsi Aceh

Berikut Dayah Yang Berstatus Perguruan Tinggi DI Provinsi Aceh

Foto:AP

Foto:AP

Lintas Nasional, Banda Aceh –  Serambi Mekkah begitu julukan untuk  provinsi Aceh, julukan nama tersebut di juluki untuk Aceh karena memiliki ribuan dayah atau pesantren bahkan balai pengajian di Aceh, dari sekian Dayah yang ada di Aceh pemerintah melalui Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Aceh (BPPD) membagikan untuk beberapa kategori ada dayah biasa dan ada dayah  tinggi atau biasa disebut Ma’had ‘Aly, Dayah ini setingkat dengan perguruan tinggi yang ada di Aceh. Menurut  keterangan Kepala Seksi Program Badan Pembinaan Pendidikan Dayah Aceh (BPPD), Syamsul Bahri SE, MM, dayah yang tergolong Ma’had ‘Aly di Aceh salah satu sebagi contoh adalah  Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Aziziyah di Sabang.

“mereka bekerjasama dengan dayah. Apabila ada yang ingin mengambil Diploma 3 atau Strata 1, maka STAI yang akan mengelurkan ijazahnya,” kata Syamsul Bahri, kepada  belum lama ini.

Sementara yang masih dalam tahap pengurusan menjadi Ma’had ‘Aly adalah  seperti Dayah Abu Tanoh Mirah, Mudi Mesra Samalanga, Insis Lhoksukon, dan Darussalam Labuhan Haji,disamping itu pula Aceh juga memiliki sejumlah dayah terpadu atau sekolah berbasis pesantren, pada sekolah umum yang berbasis Agama tersebut akan belajar umum 60 persen dan 40 persen akan belajar  ilmu agama.

“ meski Dayah terpadu Rapor nya sama seperti sekolah lain, namun bedanya Dayah terpadu ini memiliki dua rapor, umum dan agama begitu pula dengan ijazah. Jadi ijazah mereka dapat digunakan secara sah” tambah  Syamsul.

 

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful