Templates by BIGtheme NET
Home / Hukum / Kapal Zaitun Sergap Kapal Berbendera Thailand di Perairan Langsa

Kapal Zaitun Sergap Kapal Berbendera Thailand di Perairan Langsa

346570_620

Lintas Nasional,  Lhoksemawe  – Satu lagi kapal nelayan asing ditangkap di wilayah laut Indonesia. Kali ini KHF 1780, yang berbendera Thailand, yang disergap di perairan Langsa, Aceh, Kamis subuh, 26 Maret 2015.

Komandan operasi Markas Besar Kepolisian RI Inspektur Satu Andy K.J. mengatakan penyergapan dilakukan pada pukul 05.00. Sebelumnya, kapal itu dicurigai menangkap ikan di perairan lepas pantai Kuala Langsa.

Penyergapan dilakukan Polri menggunakan kapal Zaitun dengan bantuan anggota satuan polisi air setempat. “Kami mengamankan kapal dan lima awak yang terdiri atas dua asal Thailand dan tiga Myanmar serta (ikan) tangkapan mereka,” ujar Andy K.J., Kamis, 26 Maret 2015.

Menurut Andy, sudah cukup banyak kapal asal Thailand yang ditangkap dan ditenggelamkan setelah keluarnya kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Namun, dia menambahkan, masih ada yang berani mencuri ikan di perairan Indonesia.

“Kami harus jeli melihat kapal, dan kerja sama dengan nelayan setempat sangat penting,” katanya. Menurut dia, saat ini ada modus pengibaran bendera RI pada kapal asing untuk mengelabui petugas. “Ini terutama terjadi di perairan lintas Selat Malaka.”

Andy menerangkan, kapal KHF 1780 kini disandarkan paksa di Pos Polisi Air Kepolisian Resor Kuala Langsa, Aceh. Penangkapan ini akan ditindaklanjuti dengan penyelidikan dan penyidikan.

S

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful