Templates by BIGtheme NET
Home / Kesehatan / Bahaya Mencampur Minuman dengan Es Batu

Bahaya Mencampur Minuman dengan Es Batu

es batu

LINTAS NASIONAL – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Agustin Kusumayati mengingatkan masyarakat agar lebih berhati-hati saat mengonsumsi es batu sebagai campuran minuman.

Karena selama ini banyak ditemukan es batu yang mengandung bakteri berbahaya akibat menggunaan sumber air yang tidak aman.

“Es batu rentan sekali sebagai agen penular penyakit. Kalau sudah terkontaminasi bakteri, kita sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi karena langsung tercampur ke makanan atau minuman,” kata Agustin Kusumayati dalam diskusi keamanan pangan di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (1/4).

Es batu yang terbuat dari sumber air yang tidak aman menurutnya bisa terkontaminasi berbagai macam bakteri, antara lain E.coli dan Salmonella.

“Kedua bakteri ini bisa menyebabkan diare. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan tifus. Makanya banyak masyarakat yang sedikit-sedikit kena tifus karena es batu yang dikonsumsinya mengandung bakteri tersebut,” ujar dia.

Meski menempel pada es batu bersuhu sangat rendah, bakteri tersebut tidak akan mati, melainkan hanya “tertidur” dan akan bangun kembali saat suhunya kembali normal.

“Pada suhu normal, bakteri kembali bermutasi dan bisa menginfeksi manusia. Pada kasus yang parah, bakteri E.Coli jenis entero humoragik bisa menyebabkan pendarahan, bahkan hingga kematian,” terang dia.

Karena itu, disarankan untuk tidak membeli es batu sembarangan, apalagi saat bepergian.

“Lebih baik buat sendiri dengan menggunakan air matang,” pesannya.

Sumber Berita Satu

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful