Templates by BIGtheme NET
Home / Nasional / Cara Baru Spesialis Pencuri Rumah Kosong

Cara Baru Spesialis Pencuri Rumah Kosong

ilustrasi

ilustrasi

 

Lintas Nasional – Sebelum beraksi, pencuri spesialis rumah kosong biasanya melakukan pemetaan rumah incarannya. Supaya tidak menjadi korban pencurian rumah kosong, kenalilah ciri-ciri rumah yang menjadi incaran pencuri.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Ajun Komisaris Besar Albert Sianipar mengatakan, ada kesamaan ciri-ciri rumah kosong yang dicuri. Salah satunya adalah lampu rumah yang masih menyala saat pada siang hari.

“Kalau ada rumah yang lampunya masih menyala siang-siang, itu pasti kosong, bisa jadi incaran pencuri rumah kosong,” kata dia di Mapolda Metro Jaya, Selasa (31/3).

Albert menjelaskan, rumah yang berada di lingkungan relatif sepi juga biasanya menjadi sasaran. Tak hanya itu, para pencuri juga menyasari rumah mewah kosong tanpa pengamanan. Saat menemui rumah dengan kriteria seperti itu, pencuri berperan berpura-pura menjadi tamu atau salesman untuk mengecoh tetangga. Kemudian, mereka mencongkel pintu rumah dengan alat-alat seperti obeng dan kawat.

“Biasanya pencuri ini beraksi berkomplot, tiga sampai empat orang. Ada yang membobol pintu dan mengambil barang, ada yang menunggu di mobil,” tutur Albert.

“Dengan mempelajari pola tersebut, maka aksi pencurian rumah kosong diharapkan bisa ditekan,” lanjut dia.

Menurut Albert, untuk meminimalisasi pencurian rumah kosong, masyarakat perlu memperketat sistem keamanan di lingkungannya. Misalnya dengan memasang pagar, portal, atau bekerja sama mengadakan penjagaan antartetangga.

Masyarakat juga perlu mewaspadai kendaraan-kendaraan yang tidak dikenal dan berhenti di lingkungannya dalam waktu yang cukup lama. Dan bila memungkinkan, tidak meninggalkan rumah dalam kondisi kosong.

Sumber: nationalgeographic

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful