Templates by BIGtheme NET
Home / Peristiwa / Pemerintah Bireuen Tetapkan Rabbani Wahid Sebagai Tarian Khas

Pemerintah Bireuen Tetapkan Rabbani Wahid Sebagai Tarian Khas

 

tarirabbaniwahid1-ist Lintas Nasional,Bireuen –Tari Rabbani Wahid merupakan tarian khas Aceh  yang berasal dari Bireuen,namun tarian tersebut kini telah dikukuhkan menjadi tarian khas Kabupaten Bireuen.

Pengukuhan tari asal Pante Rheng, Kecamatan Samalanga Bireuen tersebut dikukuhkan pada acara seminar Rabbani Wahed yang bertajuk “Event in Show “pengukuhan tersebut dilakukan oleh sekretaris daerah Kabupaten Bireue Ir. Zulkifli,SP mewakili Bupati Bireuen Ruslan.M.Daud bertempat  di Aula Lama Setdakab Bireuen, Rabu, 1 April 2015.

‘Mudahan saja usai kita resmikan Rabbani Wahid diharapkan tarian ini dapat berkembang pesat dan terus dilestarikan serta bisa mengharumkan Bireuen selaku tempat asal tarian baik di tingkat nasional maupun internasional,”ujar Zulkifli.

Dikatakan Sekda Bireuen Ir Zulkifli, Sp yang mewakil Bupati Bireuen, Ruslan M Daud,pemerintah Bireuen sangat mendukung  pengembangan tarian Rabbani Wahed tersebut untuk terus dimajukan ditengah zamar serba modern namun warisan indatu tersebut jangan pernah punah.

”Pemerintah Kabupaten Bireuen, mendukung tarian Rabbani Wahid dijadikan tarian khas Bireuen sebagai warisan seni budaya Aceh,”kata Zulkifli.

Sementara itu Muzakkir selaku Pimpinan Sanggar Rabbani Wahid Pante Rheng, mengatakan tarian yang mengandung aliran bersifat sufi tersebut bisa dikembangkan di sekolah yang ada di Bireuen dan kemudian bisa di lanjutkan ke sekolah yang lain sebagai bentuk menjaga kelesatarian tari tersebut, tujuan tersebut dilakukan nya lantaran tari tersebut pernah hilang di telan masa puluhan tahun silam.

“kita awali dulu di sepuluh sekolah di Bireuen,dan ini juga kita kembangkan  melalui dinas terkait,” kata Muzakkir.

Dalam pengukuhan tari Rabbani Wahid itu juga dibarengi dengan pemutaran film dokumenter tari Rabbani Wahid serta seminar. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemukulan rapai oleh Sekda Zulkifli dan beberapa pejabat setempat sebagai pertanda peresmian.(LN)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful