Templates by BIGtheme NET
Home / Lingkungan / Gunung Sinabung Terus Bergejolak, Warga Sekitar Panik

Gunung Sinabung Terus Bergejolak, Warga Sekitar Panik

LINTAS NASIONAL – SUMUT, Aktivitas Gunungapi Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara terus meningkat. Masyarakat di beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung yang berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak kawah panik dan ketakutan bahkan sudah bersiap untuk evakuasi.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dang Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat (3/4) dini hari.

“Seperti Desa Sigarang-Garang, Kutagunggung, dan Sukanalu yang berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak kawah panik dan ketakutan bahkan sudah bersiap untuk evakuasi,” kata Sutopo.

Berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Sinabung PVMBG sejak Rabu (1/4) terukur tremor menerus, 146 kali gempa  guguran dengan amplitudo maksimum 5-120 mm, dan beberapa teramati luncuran awan panas sejauh 3,5 kilometer ke selatan dengan tinggi kolom 2 kilometer. 

Pada malam hari teramati guguran lava pijar. Kemarin juga terjadi banjir lahar hujan di beberapa tempat sehingga merusak jalan.

Pada Kamis (2/4) terukur 118 kali gempa guguran dengan amplitudo maksimum 5 hingga 113 mm, tremor menerus, dan terjadi 22 kali awan panas guguran dengan puncak sejauh 4 kilometer ke selatan dan 1 kilometer ke tenggara, tinggi abu vulkanik 2 kilometer. 

Dari pukul 18.06 – 21.09 WIB terjadi 18 kali awan panas guguran. Visual tertutup kabut dan angin timur-tenggara. Status tetap Siaga (level III).

Sebagian warga Dusun Sibintun yang nekat tinggal di rumahnya, terpaksa dikeluarkan oleh aparat menuju ke Kabanjahe. Hingga saat ini aparat masih melakukan patroli dan pemantauan di lapangan.

Sumber Skalanews

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful