Templates by BIGtheme NET
Home / Kesehatan / Kenali Ciri Diabetes Sejak Dini

Kenali Ciri Diabetes Sejak Dini

Foto:Viva.co.id

Foto:Viva.co.id

Lintas Nasional – Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak merenggut nyawa masyarakat dengan predikat silent killer. Disebut demikian, karena penyakitnya emang tidak bergejala, tidak menular, namun peredarannya begitu cepat.

Diabetes adalah penyakit di mana kandungan gula dalam darah naik, yang diikuti turunnya sistim kekebalan tubuh penderitanya. Menangani diabetes bisa dibilang sulit, pasalnya penyakit ini datang tanpa gejala.

Rata-rata penderita diabetes menjalani perawatan ketika penyakit sudah parah dan terjadi komplikasi. Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan yang menyebabkan hormon insulin tidak bisa belerja optimal di tubuh.

Dilansir dari Times of India, insulin dalam tubuh berguna untuk mengolah glukosa dalam darah menjadi energi. Namun dalam tubuh seseorang yang menderita diabetes, glukosa tetap tersimpan dalam darah, karena insulin tidak tersedia untuk mengubahnya menjadi energi.

Keadaan inilah yang kemudian disebut diabetes tipe 1. Sedangkan untuk diabetes tipe 2, kadar insulin ada, namun tidak cukup untuk memenuhi kapasitas glukosa untuk mengubahnya menjadi energi.

Gejala dari kedua penyakit ini terbilang sulit dibedakan. Sebagian besar penderita justru tak sadar telah memiliki penyakit ini, mereka baru tahu ketika penyakit sudah masuk level yang parah.

Menurut Prof. Shubhankar Chowdury, spesialis ginjal, gejala pertama yang akan muncul pada penderita diabetes ialah sering merasa haus, sering buang air kecil, dan penurunan berat badan yang drastis.

Setelah itu, beberapa gejala lain seperti cepat lelah, luka yang sukar sembuh, hingga penglihatan kabur bisa terjadi. Maka dari itu, karena gejala diabetes yang sulit diprediksi. Sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan sesegera mungkin.

Untuk penderita, pemeriksaan dini adalah hal penting. Ketika sudah merasakan salah satu gejala yang disebutkan sebelumnya, segera memeriksakan diri ke dokter. “Jika memang positif, ubahlah gaya hidup,” ujarnya. Jalani diet sesuai penyakit, istirahat cukup, dan olahraga rutin, bisa menjadi senjata ampuh melawan penyakit ini.

Sumber:Viva.co.id

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful