Templates by BIGtheme NET
Home / Editorial / Gerhana Bulan “Jangan Terbuai Melihat Langit Sehingga Melupakan Daratan”

Gerhana Bulan “Jangan Terbuai Melihat Langit Sehingga Melupakan Daratan”

gerhana bulan 2

Oleh: Fakhrul Radhi

Ada fenomena menarik yang akan disungguhkan di atas langit Aceh pada 4 April 2015 nanti, sebuah fenomena yang tidak biasa, yang katanya hanya akan hadir ribuan tahun sekali, atau ada yang mengatakan fenomena ini adalah fenomena tercepat yang disungguhi oleh semesta. Nah, Apalagi kalau bukan gerhana bulan total, yang saat ini telah menjadi perbincangan hangat di warung-warung kopi dari anak muda hingga orang tua.

 Bagi kita kaum muslimin, gerhana bulan total ini bukanlah hal yang asing lagi. Jauh sebelum para ilmuan barat mengemukakan teori mengenai fenomena alam ini, Al-Quran telah sangat lama membuka tabir mengenai gerhana bulan total. Ilmuan barat memberi teori bahwa Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Dengan penjelasan lain, gerhana bulan muncul bila bulan sedang beroposisi dengan matahari. Tetapi karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika.

 Di dalam Al-Quran sendiri ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang bulan. Di dalam Q.S. Ar-Rahman “matahari dan bulan itu beredar dengan perhitungan”, Q.S. Yasin “bagi bulan itu kami telah tetapkan beberapa tempat peredarannya” dan “tiap-tiap sesuatu yang melayang di udara sesuai dengan perhitungannya”.

 Lagi-lagi ini membuktikan, bahwa Al-Quran lebih canggih daripada kepala-kepala manusia dan juga menekankan sifat-sifat angkuhnya kepala manusia yang terkadang terlalu bangga dengan teori-teori yang telah dimiliki, padahal Al-Quran jauh lebih update daripada temuan-temuan saat ini, hanya saja kemampuan kita yang tidak mampu menjangkaunya.

 Keangkuhan manusia dapat dinilai dari sisi arogansinya terhadap manusia lain, hanya karena sedikit jabatan sudah merasa setinggi langit, hanya karena punya sedikit kekuatan sudah merasa lebih berotot kepada makhluk lain. Hal ini jelas terlihat di Indonesia, khususnya di Aceh. Lihat saja beberapa pekan sebelumnya bagaimana peristiwa-peristiwa keangkuhan terjadi di Aceh, dari penculikan, pembunuhan, teror bahkan sampai perampokan berdarah. Dan yang lebih mirisnya mereka yang berada di atas secara mata manusia memberi ancaman-ancaman DOM di Aceh, kenapa tidak memberikan sedikit angin segar di tengah panasnya kondisi Aceh?

 Barangkali ibarat “Jaka Sembung bawa golok” yang tentu tidak akan nyambung, bila kita coba mengaitkan fenomena alam gerhana bulan total dengan peristiwa-peristiwa kekerasan yang selama ini terjadi di Aceh. Akan tetapi ada sebuah ungkapan yang mengatakan “perbedaan akan kita temui apabila kita mencari-carinya, namun persamaan tetap akan ada walaupun kita tidak mencarinya”.

 Harapan kita tentunya sama, selaku makhluk yang diberi sedikit Rahman dan Rahimnya Tuhan ingin melihat dunia ini berjalan damai dan penuh dengan cinta, bukankah Tuhan menciptakan Adam dan Hawa dengan cinta dan kasih sayang. Semoga segala persoalan yang sedang terjadi di Aceh hanya terjadi sementara dan Aceh kembali menjadi negeri yang menebar pesona kedamaian hingga ke pelosok dunia.

 “ada orang yang membukakan jalan, ada orang yang menawarkan peta untuk sebuah perjalanan. Akan tetapi pada akhirnya manusia memilih jalannya sendiri-sendiri, karena sejatinya senja memang hadir sementara, kemudian pergi dan berganti gelap atau terang” (kutipan).

 Akhirnya, selamat menikmati keagungan Allah SWT melalui gerhana bulannya. Semoga kita mampu menikmatinya dengan jalan yang telah digariskan Tuhan Semesta Alam. Dan sekali lagi “jangan terbuai dengan langit sehinga melupakan daratan”. Sedikit mengutip pernyataan Tommy Soeharto “jangan terlalu kagum melihat langit, karena jika tak ada daratan Anda tidak akan bisa berdiri memandang langit”.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful