Templates by BIGtheme NET
Home / Peristiwa / Dua Kecamatan Di Aceh Jaya Dikepung Banjir

Dua Kecamatan Di Aceh Jaya Dikepung Banjir

20141116banjir

LINTAS NASIONAL  – ACEH JAYA,  Pemukiman penduduk di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya dikepung banjir, menyusul hujan lebat melanda daerah itu dalam dua hari terakhir, sehingga mengakibatkan jebolnya tanggul Sungai Teunom.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya Amren Sayuna yang dihubungi di Calang, Selasa mengatakan, sejak Senin malam ribuan warga dalam Kecamatan Teunom dan Pasie Raya berhasil dievakuasi.

“Hari ini banjirnya sudah mulai surut dan aktivitas masyarakat sudah hampir normal, kami sudah turun menyerahkan bantuan logistik. Ini banjir hantaran dari Tangse, Kabupaten Pidie, yang sering terjadi banjir bandang. Kalau di sana sudah hujan maka kami di sini kena imbasnya,” katanya.

Amren Sayuna mengatakan, kondisi cuaca ekstrim melanda sebagian wilayah Aceh tidak dapat diprediksi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana alam, namun yang pasti apabila hujan terus menguyur masyarakat dimintakan waspada.

Katanya, ketinggian air banjir melanda sejak Senin sore tersebut tidak membuat semua masyarakat harus panik dan mengungsi karena sudah terbiasa sebab mayoritas rumah penduduk yang terendam adalah yang berada di daerah aliran sungai (DAS).

Selain itu kata Amren, banjir hantaran Sungai Tangse tersebut tidak separah dengan banjir yang terjadi pada akhir tahun 2014 yang membuat seluruh masyarakat harus dievakuasi untuk diungsikan ke tempat lebih aman.

“Tidak separah dulu, banjir ini hanya menggenangi halaman rumah, hanya beberapa rumah yang masuk air, itupun tidak seberapa, nanti kalau hujan di hulu sana sudah reda banjirnya pasti langsung surut sendiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, belum ada kerugian material yang tercatat karena banjir kiriman ini, meski demikian dengan kondisi cuaca terpantau oleh pihaknya saat ini masyarakat berada di kawasan DAS ada baiknya waspada.

Selain itu dirinya juga berpesan kepada masyarakat pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat mewaspadai terjadinya tanah longsor di kawasan Pegunungan Geurute, pasalnya kawasan itu apabila diguyur hujan maka akan jatuh tanah serta bongkahan batu ke atas badan jalan lintas Provinsi Aceh itu.

Pihaknya sudah memasang rambu-rambu rawan lonsor pada beberapa titik tertentu sehingga pengguna jalan dapat lebih berhati-hati menyusul tingginya intensitas curah hujan mengguyur sejumlah kabupaten di wilayah barat selatan Aceh itu.

“Iya, tidak lupa juga kami meminta masyarakat pengguna kendaraan untuk berhati-hati saat melintasi jalur Pegunungan Geurute terhadap tanah lonsor, karena cuaca kita tidak menentu sedang cerah tiba-tiba sudah hujan,” katanya menambahkan.

Sumber   Antara Aceh

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful