Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Ini Cerita Pilot Yang Evakuasi Warga Indonesia Dari Yaman

Ini Cerita Pilot Yang Evakuasi Warga Indonesia Dari Yaman

1428826831

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Luar Negeri (Kemlu) kembali memulangkan 91 warga negara Indonesia (WNI) dari Yaman dengan menggunakan Pesawat Boeing 737-400 milik TNI AU.

Pilot pesawat tersebut, Letkol Penerbang I Gede Putu Setia Dharma, mengatakan, tidak mudah membawa WNI tersebut keluar dari Yaman.

“Untuk masuk ke wilayah Jizan di perbatasan antara Yaman-Arab Saudi dengan rute Oman-Salalah itu normalnya waktu tempuh hanya 2,5 jam namun jadi 3,5-4 jam semenjak insiden di Yaman,” ujar Setia, kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (13/4).

Ia menduga bertambahnya waktu tempuh karena beberapa wilayah di Yaman dijadikan Arab Saudi sebagai basis untuk menyerang ke Yaman. Sehingga tim evakuasi diputar jalur penerbangannya untuk menghindari wilayah-wilayah tersebut.

Setia menerangkan wilayah udara Yaman sudah dibawah kuasa Arab Saudi, jadi segala izin masuk pesawat yang melintas harus lewat negara minyak tersebut. Sementara di darat, kendali masih dipegang otoritas Yaman.

Ia mengaku sepanjang melakukan evakuasi selama sembilan9 jam, tidak melihat pertempuran udara antara koalisi Arab Saudi dan Yaman. Dia hanya mendengar komunikasi beberapa pesawat.

Ia juga menceritakan kesulitan mendapat izin terbang. Biasanya, zona terbang itu diberikan saat tengah malam, padahal sudah minta izin dari pagi hingga siang hari. Namun, saat dilakukan No Flight Zone (dilarang terbang) pada Sabtu (11/4) lalu, itu membuat evakuasi tertunda.

“Sabtu kemarin, rencana awal kita mau ke Al-Hudaidah (Yaman) tetapi tidak dikasih-kasih seperti biasanya. Ternyata saat itu koalisi Arab Saudi melakukan penyerangan sekitar jam 10 malam di pelabuhan-pelabuhan Yaman,” katanya.

Setia mengatakan, tim evakuasi tidak akan diserang baik dari pihak Koalisi Arab maupun pemberontak yang dipimpin Houthi. Sebab mereka sudah diberi kode pengenalan.

“Kita kan sudah ada kode-kodenya. Kalau memang kita mengganggu pergerakan, mereka kita akan mengarahkan bahkan akan dipaksa untuk mendarat di landasan yang memungkinkan untuk mendarat,” pungkas dia.

Sumber Berita Satu

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful