Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Waspada, Ruang Udara Aceh Dipenuhi Awan Cumulonimbus

Waspada, Ruang Udara Aceh Dipenuhi Awan Cumulonimbus

68fc25505cc8ae875c90c3621a753181

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH,  Sejak sepekan terakhir, kondisi cuaca hampir di seluruh wilayah Aceh sangat ekstrim, dan bahkan di beberapa daerah terjadi angin kencang dan puting beliung.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Aceh Besar, Zakaria mengatakan, peristiwa ini terjadi karena ruang udara Aceh saat ini dipenuhi oleh awan comulonimbus atau awan CB.

Dijelaskan, pembentukan awan tersebut, karena terjadinya awan konvektif yang menyebabkan angin kencang dan gelombang tinggi. “Salah satu contohnya peristiwa puting beliung yang menerpa sebagian Kabupaten Pidie,” jelasnya.

Ia menerangkan, secara umum, banyaknya pembentukan awan CB di wilayah udara Aceh, disebabkan adanya peningkatan suhu permukaan laut, dan faktor lainnya adalah adanya penurunan suhu berupa tekanan randah di selatan pulau Jawa.

Akibat rendahnya suhu diwilayah Selatan Pulau Jawa, angin dari wilayah sebagian besar asia tertarik semua ke wilayah selatan pulau jawa tersebut, dan saat angin dari asia menuju ke selatan pulan jawa melewati wilayah udara provinsi Aceh.

“Persoalannya saat angin dari Asia menuju wilayah selatan pulau jawa melewati ruang udara Aceh, dan wilayah provinsi inilah angin berkumpul semua,” paparnya.

Akibat dari pergerakan angin dari Asia ke Selatan Pulau Jawa yang melewati ruang udara Aceh, maka disitulah terbentuk awan konventif dan comulunimbus yang menyebabkan angin kencang, gelombang tinggi dan petir.

Beberapa wilayah Aceh yang saat ini di penuhi oleh awan CB adalah daerah barat selatan Aceh, Lamno, Singkil, dan sedikit di wilayah tengah Aceh.

Diperkirakan, sambungnya, kondisi cuaca ekstrim ini masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan. Dan untuk itu, tambah Zakaria, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk menghindar jika melihat kumpulan awan yang menggumpal tinggi, sebab saat itu potensi petir sangat besar, dan terutama hindari penggunaan handphone saat terjadi kondisi cuaca ekstrim

Sumber Waspada

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful