Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Haruskah Pengungsi Rohingya Dipindahkan?

Haruskah Pengungsi Rohingya Dipindahkan?

Myanmar Desperate to Learn

LINTAS NASIONAL – EDITORIAL, Sejak menetap di lokasi kamp pengungsian di Gampong Kuala Cangkoi Kecamatan Lapang Aceh Utara pada 13 Mei 2015 lalu, ratusan pengungsi (refugees) Rohingya dikabarkan akan segera dipindahkan keluar Aceh.

Kabar ini muncul di lokasi pengungsian dari beberapa lembaga yang ikut terlibat dalam proses penangan pengungsi. Beberapa lembaga tersebut berharap para pengungsi dapat dipindahkan ke luar Aceh.

Hal ini ditenggarai karena mereka merasa prihatin dengan nasib pengungsi, baik itu dalam pengolaan kamp yang belum teratur, belum jelasnya pengambilan kebijakan di lapangan bahkan ketersediaan sanitasi dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang tidak terorganisir dengan baik.

Namun opsi tersebut bukanlah hal yang bijak mengingat selama ini masyarakat Aceh sudah menerima dan menganggap mereka layaknya saudara sendiri.

Secara tidak langsung apabila pengungsi ini dipindahkan tentunya akan melukai hati masyarakat Aceh terutama para nelayan yang telah menolong mereka, karena selama ini para nelayan tersebut juga tidak pernah mendapat penghargaan baik dari pemerintah ataupun lembaga lainnya.

Bukankah selama ini masyarakat Aceh, para mahasiswa, dan pemuda secara gotong royong dan berbondong-bondong menyisihkan lengan bajunya terjun ke jalanan untuk menggalang bantuan demi muslim Rohingya.

Sebenarnya masih banyak cara dapat dilakukan untuk memperbaiki dan mengorganisir setiap posko seperti membentuk media center agar komunikasi dan koordinasi antar posko dapat terjalin dengan baik sehingga penanganan pengungsi dapat dilaksanakan secara efektif.

Rafli Kande Anggota DPD RI Asal Aceh ikut memberikan tanggapan mengenai isu pemindahan pengungsi, menurut Rafli, pertama kita harus melihat bagaimana masyarakat kita sudah menganggap pengungsi Rohingya ini sebagai tamu, yang terpenting disini dimulai dari niat keikhlasan, jadi dengan keikhlasan masyarakat Aceh terhadap pengungsi Rohingya berdampak kepada nyamannya mereka untuk tinggal ditengah-tengah masyarakat kita.

Kemudian lanjutnya, apabila ada kegelisahan dari beberapa lembaga terkait penanganan pengungsi, menurut Rafli tinggal bagaimana mereka memposisikan diri karena pertama keikhlasan dari masyarakat sudah ada, tinggal ditambahkan saja dengan kemampuan manajemen yang dibantu oleh lembaga-lembaga tersebut sehingga akan lebih terorganisir.

“Secara hikmah mereka didatangkan oleh Allah kemari dan diterima dengan baik oleh masyarakat sehingga menyebarlah berita kepada dunia bahwa masyarakat Aceh sangat peduli terhadap nilai-nilai kemanusiaan, ditambah lagi mereka juga saudara-saudara kita muslim, ini adalah Rahmatan Lil A’lamin, tuturnya”. (Mustafa Kamal)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful