Templates by BIGtheme NET
Home / Lingkungan / Seluas 40 Hektar Sawah di Abdya Terancam Gagal Tanam

Seluas 40 Hektar Sawah di Abdya Terancam Gagal Tanam

DSC_1891

sawah tergenang air

LINTAS NASIONAL – ACEH BARAT DAYA, Sebanyak 40 hektare areal persawahan milik warga Gampong Rubek Meupayong Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terancam gagal tanam padi secara serentak pada musim tanam tahun 2015. Pasalnya, areal persawahan tersebut terkendala genangan air yang tak bisa mengalir ke saluran air yang ada disebabkan karena saluran air tersebut sudah dangkal,hal itu disampaikan oleh Ketua kelompok tani Gampong (desa) Rubek Tarjudin yang didampingi PLL Gampong Rubek Safyuzal Helmi.

“Genangan air yang terjadi di areal persawahan di dua desa dalam Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang tersebut baru mulai pekan lalu,” ujar Tajudin kepada LINTASNASIONAL.com saat di temui di Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Barat Daya, Jumat 26 Juni 2015.

Menurut Tajudin genangan air yang terjadi di areal persawahan yang terjadi di dua desa dalam kecamatan Balngpidie tersebut lantaran hulu sungai yang dijadikan  sebagai saluran pembuangan air sudah mulai dangkal. Hal yang senada juga diungkapkan Keuchik Gampong Rubek Meupayong Tkg. Jasidar dirinya mengakui, sangat memprihatinkan ketika melihat kondisi para petani di wilayah tersebut sangat terganggu akibat sawah dimaksud tergenang air. Pihaknya meminta kepada dinas terkait, agar segera mencarikan solusi. Sebab, para petani di desa setempat bingung ketika melihat sawahnya yang telah siap digarap menjadi lautan.

“Kami sama-sama menguraikan dampak banjir akibat saluran dangkal ini, karena kiriman air hujan dan kiriman air dari hulu tidak bisa mengalir dengan normal. Bahkan air berbalik arah ketika bersamaan dengan air pasang,” tandasnya. (Ratu)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful