Templates by BIGtheme NET
Home / Nasional / Sofyan Djalil Menteri Asal Aceh Terancam di Copot Jokowi

Sofyan Djalil Menteri Asal Aceh Terancam di Copot Jokowi

20150317antarafoto-paket-kebijakan-ekonomi-160315-kye-31jalil

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Presiden Joko Widodo tengah melakukan finalisasi rencana reshuffle kabinet. Sektor ekonomi diisukan jadi sasaran utama, kabarnya ada juga sekelas Menko yang bakal direshuffle.

“Ada satu atau dua Menko direshuffle,” kata sumber detikcom di internal PDIP, Minggu 28 Juni 2015.

Jokowi saat ini punya empat Menteri Koordinator yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menko Polhukam Tedjo Edhy, dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil. Dua nama yang terakhir kabarnya berada di posisi kurang aman. Namun Menko lain juga menuai kritik dari masyarakat.

“Orang parpol pun banyak yang tidak bener kinerjanya. Lihat saja Menkum dan HAM kinerjanya apa? Lalu menteri PMK itu, kinerjanya apa?” ungkap pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto dalam diskusi publik di Gado-gado Boplo, Jl Gereja Theresia, Menteng, Jakpus, Sabtu 27 Juni 2015.

Menjelang reshuffle kabinet yang kabarnya diumumkan setelah lebaran, menteri sektor ekonomi memang jadi sorotan luar biasa. PDIP berkali-kali mendorong Jokowi melakukan evaluasi menyeluruh di sektor perekonomian, sejumlah parpol KIH seperti PKB bahkan menilai kinerja beberapa menteri sektor ekonomi parah. Sejumlah nama seperti Darmin Nasution dan Kuntoro Mangkusubroto kabarnya bakal jadi nama baru menteri di sektor ekonomi.

“Tentunya menteri yang menyangkut sektor riil, baik makro maupun mikro. Menkeu, lalu kalau dari hasil data, melihat nilai tukar pertanian dan perikanan menurun, sementara anggarannya berkali lipat,” kata Wasekjen PKB Daniel Johan saat ditanya tentang menteri yang layak di-reshuffle, Jumat 26 Juni 2015.
Ada juga menteri lain yang diserang PKB. “Kalau berdasarkan masukan-masukan, kinerja Mendag dan Menhub juga parah,” lanjutnya.

Semua partai memang seolah punya kepentingan menjelang reshuffle kabinet Jokowi-JK. PDIP yang meminta tambahan menteri ke Jokowi terus menyerukan ‘Duo Singa’ Menteri BUMN Rini Soemarno dan Seskab Andi Widjajanto direshuffle. Kabar santer keduanya bakal kena reshuffle, namun belum jelas apakah akan dicopot atau hanya digeser saja. Sementara itu nama Pramono Anung sudah di pusaran calon Seskab selanjutnya, isunya Andi Widjajanto disiapkan untuk mengisi kursi Menhan.

Desakan reshuffle tak hanya dari PDIP yang meminta tambahan jatah menteri dan parpol KIH. Elite KMP dan PD yang selama ini di posisi nonblok pun ikut mengkritik kabinet Jokowi yang lemah di manajemen krisis.

PAN yang dikabarkan bakal dapat menteri pun kini bersuara keras terus mendesak reshuffle kabinet. Sementara Golkar kubu Aburizal Bakrie berharap Jokowi mereshuffle Menkum HAM Yasonna Laoly karena dianggap memanaskan konflik Golkar.

Siapa saja menteri yang akan direshuffle pasca lebaran nanti? Tentu yang paling tahu Presiden Jokowi, namun tak salah kalau masyarakat berharap reshuffle kabinet dilakukan secara objektif berdasarkan kinerja para menteri demi kelancaran pembangunan nasional yang terus digembar-gemborkan Presiden Jokowi.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful