Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Sosok Abdullah Saleh, Yang Belakangan di Sebut – Sebut Sebagai Kandidat Wagub Aceh

Sosok Abdullah Saleh, Yang Belakangan di Sebut – Sebut Sebagai Kandidat Wagub Aceh

11124257_867239983355666_18504114_n

Tgk.H.Abdullah Saleh,SH

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Siapa yang tidak mengenal sosok Tgk.H.Abdullah Saleh,SH. Pria kelahiran Babah Krueng 26 September 1959 ini sudah menduduki kursi parlemen Aceh memasuki periode ke – 4, pria yang focus di bidang hukum tersebut kini telah di sebut – sebut sebagai salah satu kandidat wakil Gubernur Aceh pada 2017 mendatang, isu Abdullah Saleh sebagai kandidat Wakil Gubernur Aceh pada 2017 mendatang itu muncul di dunia manya, tidak jarang juga di dunia nyata banyak kalangan yang membicarakan Abdullah Saleh, apakah benar atau hanya sebatas issu saja ia akan maju sebagai calon orang nomor dua di Aceh.

Melihat jenjang karir politiknya serta kekuatan ilmu yang di miliki Abdullah Saleh tidak kita ragukan lagi, hanya saja tergantung kepada yang maha kuasa nantinya, manusia hanya bisa merencanakan. Karir Abdullah Saleh menuju gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh sudah dimulai sejak tahun 1999-2004 untuk periode pertama kalinya melalui partai PPP selaku partai yang berbasis islam kala itu, tidak berhenti di situ pada pemilu tahun 2004 silam putra Nagan Raya tersebut kembali di percayakan masyarakat untuk mewakili mereka periode yang ke -2 melalui partai yang berlambang Ka’bah tersebut (2004-2009).

Sejak awal, mantan Advokat senior di Aceh tersebut, terlibat di bidang perumusan hukum di DPR Aceh, ada banyak produk hukum yang telah di lahirkan pria lulusan Fakultas Hukum Unsyiah ini bersama sejumlah anggota DPR Aceh yang lainnya.

“Termasuk pasca perdamaian sejumlah qanun saya terlibat merumuskan, apalagi qanun Syariat Islam sejak awal di tahun 2001 saya sangat bersemangat untuk merumuskan qanun Aceh tersebut, tentu dengan bantuan semua teman saat itu,” ujar mantan politisi PPP yang kini Hijrah ke Partai Aceh, pekan lalu.

Semenjak Aceh sudah berdamai dengan NKRI pada tahun 2005 yang lalu, Abdullah Saleh yang masih menduduki kursi DPR Aceh, semakin focus terhadap masa depan Aceh dari segi regulasi, pada saat itu juga, Alumni SMA Negeri Jeuram tersebut yang juga selain sebagai salah satu anggota DPR Aceh,ia juga merupakan salah satu petinggi (sekretaris) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Aceh.

Usai perdamaian Aceh sudah berubah keadaan baik keamanan maupun suasan politik, kebebesan para elit politik saat itu mendirikan partai lokal sudah mendapat restu secara regulasi dari pemerintah RI, Saat itu disamping banyak partai local lainnya yang terbentuk, Partai Aceh merupakan salah satu partai kala itu juga berhasil didirikan, maka Abdullah Saleh ‘dipinang’ para elit Gerakan Aceh Merdeka (GAM) untuk bergabung di Partai Aceh (PA).

Abdullah Saleh juga menerima tawaran tersebut dari salah satu mantan petinggi GAM, sementara waktu itu Abdullah Saleh masih berstatus sebagai anggota DPR Aceh dari partai PPP, tentu Abdullah Saleh harus meninggalkan partai berlambang Ka’bah untuk ‘hijjrah’ ke partai mantan pejuang Aceh, hal itu pun dilakukannya.

Pada tahun 2009 yang lalu ia bergabung ke Partai Aceh (PA) dan maju sebagai salah satu calon Legislatif dari daerah pantai Barat Selatan Aceh, namun tidak sia – sia usaha pria yang tak pernah lepas peci tersebut hingga ia terpilih sebagai anggota DPR di Aceh saat itu.

“Alhamdulilah saya kembali terpilih untuk periode ke -3 (2009 – 2014),” katanya kepada media ini.

Usai di lantik sebagai wakil rakyat saat itu, menurut pengakuan politisi Partai Aceh ini, ia langsung memfokuskan dirinya untuk membangun Aceh sesuai dengan tuntunan dalam MoU Helsinki, sejumlah regulasi yang mengatur ke khususan Aceh pun di rumuskan oleh Abdullah Saleh bersama sejumlah politisi dan tokoh Aceh lainya.

“Saya lebih memfokuskan diri di bidang regulasi, karena saya juga waktu itu di komisi A dan sebagai ketua Badan Legislasi DPR Aceh. Tentu saya bertugas untuk merumuskan qanun, saya ingin Aceh benar – benar menerapkan hukum islam,” katanya lagi.

Pada tahun 20014 yang lalu, mantan sekretaris DPW PPP Aceh tersebut kembali maju sebagai kandidat anggota Legislatif Aceh, dan ia pun kembali terpilih sebagai anggota DPR Aceh untuk periode yang ke – 4, menduduki gedung DPR Aceh periode ke – 4, merupakan pembuktian bahwa ayah 4 orang anak ini mendapat dukungan kuat dari masyarakat Aceh.

Alumni Fakultas Hukum Unsyiah tahun 1986 ini juga sering mewakili Aceh setiap ada sengketa kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Aceh, polemik  Bendera Aceh dan tim lobi penyelesaian aturan turunan UUPA yang belum disahkan pusat kala itu.

“Sudah cukup banyak regulasi yang kita sah kan, mudahan saja semua qanun yang sudah kita sahkan bersama di DPR Aceh bisa di jalankan oleh kepala pemerintah Aceh,” harap Abdullah Saleh.

Namun saat di Tanya media ini apakah benar serius ia akan maju sebagai salah satu kandidat wakil Gubernur Aceh, Abdullah Saleh dengan penuh yakin ia meng iyakan pertanyaan tersebut, ia akan maju sebagai salah satu peserta Demokrasi pada tahun 2017 mandatang.

“Insya Allah saya akan maju sebagai wakil Gubernur Aceh, do’a kan saja,” ujarnya singkat.

Seperti di ketahui belakangan ini Abdullah Saleh sering disebut – sebut banyak kalangan, politisi Partai Aceh ini akan mandaping ketua Umum Partai Aceh Muzakir Manaf  yang akan maju pada pemilu kepala daerah tahun 2017 mendatang.

Isu dirinya akan mendapingi Mualem sapaan akrap Muzakir Manaf  sebagai kandidat Gubernur Aceh, Abdullah Saleh menyikapi dengan bijak dan santai.

“Insya Allah kita lihat perkembangan kedepannya,” tutup Abdullah Saleh. (adv)

Biodata Pribadi

Teungku. H. Abdullah Saleh, SH

Tempat Tanggal Lahir    

Babah Krung, 26 September 1959

Pendidikan Terakhir    

Fakultas Hukum Unsyiah 1986

Alamat

Jln. Tgk. Daud Beureueh (DPR Aceh).

Kebon Raja No.9 Ie Masen Ulee Kareng Banda Aceh

Fraksi Partai Aceh

Agama Islam 

Isteri  : Dra. Hj. Lila Rosmilawati

Anak-anak          

Angga Ibnu Abdillah

Putri Rizki

Muhammad Taufiqurrahman

Nur Azizah

Pengalaman:

Sekretaris DPW PPP.Prov.Aceh.1995

Wakil Ketua DPW PPP Prov. Aceh

Aktif sebagai Advokat Senior di Aceh

Anggota DPRD 1999-2004 (PPP)

Anggota DPRD 2004-2009 (PPP)

Anggota DPR Aceh periode 2009-2014 (PA)

Anggota DPR Aceh terpilih periode 2014-2019 (PA)

 

 

 

 

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful