Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Jokowi: Jangan Sampai Pasar Tradisional Kalah dengan Pasar Modern

Jokowi: Jangan Sampai Pasar Tradisional Kalah dengan Pasar Modern

jokowidodo

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat itu sendiri diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Selain lliza, turut melakukan video conference dengan rombongan presiden pada acara tersebut yakni Wali Kota Denpasar dan Bupati Bantaeng.

Menurut Mendag Rachmat Gobel, proyek ini merupakan penjabaran dari visi dan misi Presiden Jokowi, dengan membangun 5.000 pasar rakyat selama lima tahun mendatang. “Tahun ini anggarannya dari APBN dan APBN-P 2015,” katanya.

“Revitalisasi pasar rakyat fokus pada empat bidang. Revitalisasi fisik, revitalisasi manajemen pengelolaan pasar, revitalisasi ekonomi berupa akses pembiayaan bagi para pedagang serta revitalisasi sosial -pasar sebagai pusat interaksi dan wadah sosial,” papar Rachmat.

Ia menambahkan, lokasi pembangunan yang diprioritaskan dalam progam ini antara lain pasar-pasar yang telah berusia 25 tahun ke atas, dan yang terletak di daerah pasca bencana.

Sementara itu, Presiden Jokowi dalam sambutan singkatnya menyatakan progam Revitalisasi 1.000 Pasar Rakyat bukan pekerjaan enteng. Alasannya, pasar modern kini sudah merambah ke semua daerah hingga ke tingkat kecamatan.

“Jangan sampai pasar tradisional kalah dengan pasar modern. Kalau pemerintah tidak turun tangan, (pasar tradisional) pasti hilang. Untuk itu, tahun ini akan kita bangun 1.000 pasar se-Indonesia dengan total anggaran sekitar Rp 2,3 triliun,” katanya.

Tahun depan, kata Presiden, anggaran untuk program ini akan ditingkatkan lagi. Namun revitalisasi fisik belum cukup, perlu pembenahan manajemen. “Akses pembiayaan juga harus diperhatikan, dengan izin usaha mikro para pedagang bisa mengakses ke bank agar tidak terjerat rentenir,” pesan Jokowi.

“Mulai Juli nanti, bunga bank bagi pedagang cuma 12 persen, karena sudah disubsidi oleh pemerintah,” tambah Jokowi yang pada kesempatan itu turut didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi serta Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (AN)

Baca:

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful