Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / OPINI: Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

OPINI: Empat Golongan Manusia yang Dirindukan Surga

mawardi spd

Oleh: Mawardi, S.Pd

Semua umat di dunia berkeinginan masuk surga di hari pembangkitan kelak (Yaumul Qiaamah). Seperti yang diimani oleh umat islam dalam salah satu rukun iman yaitu “percaya pada hari kiamat”. Kiamat berasal dari bahasa arab yaitu Qiamah yang artinya hari pembangkitan atas semua umat yang sudah dicabut nyawa dari badan. Di hari kiamat tersebut merupakan hari penghakiman semua umat tentang amal buruk dan amal baik. Bagi yang memiliki bekal amal buruk akan dimasukkan kedalam neraka, sebaliknya bagi yang memiliki bekal amalan dunia yang baik akan ditempatkan di dalam surga.

Kehidupan di dalam neraka sangat menyakitkan, tangisan penyesalan bergemuruh bagai suara ombak di lautan api, darah siksaan terus mengalir setiap waktunya tanpa berhenti walau sekedip mata, semua penghuni neraka akan menjerit memohon ampunan setiap saat kepada Allah, akan tetapi semua penyesalan dan mohon ampunan itu sia-sia dan terlambat, terompet penghakiman sudah dibunyikan, pintu ampunan sudah tertutup rapat dan bara api penyiksaan sudah dinyalakan.

Sungguh beruntung bagi yang memiliki amalan baik semasa di dunia akan ditempatkan disurga, surga yang sangat indah dari luar hingga kedalamnya beserta isinya, tidak ada tempat di dunia yang bisa disepadankan dengan surga kelak apalagi untuk dibanding-bandingkan walau istana-istana raja terhebat sekalipun semasa di dunia. Makanan dan minuman lezat siap saji tersedia setiap saatnya, buah-buahan serta biji-bijian yang sangat nikmat rasanya dan bidadari-bidadari Allah yang indah rupawan pun berbahagia serta setia menanti akan kehadiran penghuni surga. Ada empat golongan manusia yang dirindukan oleh surga beserta isinya dari masa manusia tersebut menjalani kehidupan di dunia hingga masa kehidupan di hari akhir nanti (Yaumul Akhirah).

Siapakah empat golongan tersebut?

Yang pertama adalah orang-orang yang berpuasa dibulan suci ramadhan, berpuasa berdasarkan rukun dan syarat dan bersungguh-sungguh karna Allah, mau menahan diri dari dahaga dan lapar serta mampu menahan diri dari segala nafsu dan tipu daya syaitan.

Umat islam melaksanakan ibadah fardhu puasa di bulan suci ramadhan selama sebulan penuh bagi yang sudah memenuhi syarat wajib puasa yaitu Islam, Baliq, Berakal dan kuasa kecuali a’azor (Apabila di kerjakan terjadinya kemuzharatan) maka diperbolehkan meningalkan puasa dengan syarat tambahan ianya harus meng-qazha-kan puasanya di kemudian hari atau membayar fidyah. Apabila salah seorang umat muslim yang sudah memiliki syarat puasa malah ia tinggalkan, sungguh nerakalah tempatnya di hari akhirat nanti. Andai ada muslim yang baliq dan kuasa namun tidak puasa anggap ia layaknya orang gila semasa di dunia.

Yang kedua adalah orang-orang yang rajin memabaca AL-Qur’an, terlebih di bulan suci ramadhan. Al-qur’an merupakan pedoman hidup umat manusia sudah selayaknya kita membacanya setiap saat untuk kita jadikan petunjuk hidup. Bacalah Al-qur’an setiap harinya walau hanya satu ayat. Dalam satu riwayat Allah memerintahkan hamba-NYA menmbaca Al-Qura’an dengan cara yang sangat sederhana. “Baca dan pahamilah Al-Qur’an”, apabila tidak sanggup maka “bacalah Al-qur’an sebagai mana tertulis saja” apabila itu pun tidak mampu kamu kerjakan maka “dengarlah orang lain yang membacanya atau lihatlah huruf-huruf Al-Qur’an”. Sungguh sederhana Allah menyerukan hambaNYA. Dalam riwayat lain seruan Allah kepada hambaNYA untuk Khatam AL-Qur’an (baca dari awal sampai tamat)  “Khatamlah AL-Quran sehari semalam sekali” kalau itu tidak sanggup maka “Khatamlah Al-Qur’an sebulan sekali” kalau itu tidak mampu kamu lakukan maka “khatamlah Al-Qur’an setahun sekali”. Sungguh ringan seruan Allah kepada hambaNYA.

Yang ketiga adalah orang-orang yang ringan tangan di jalan Allah, orang yang mau bersedekah dengan ikhlas, tulus serta mengharap ridha Allah SWT. Apalagi banyak bersedekah dibulan suci ramadhan. Bayangkan pahala sedekah biasanya Allah balaskan kepada hambaNYA adalah sepuluh kali lipat dari apa yang disedekahkan, namun dibulan yang penuh berkah ini Allah akan membalasnya dengan sepuluh kali lipat seperti biasanya kemudian Allah akan kalikan tujuh puluh kali lipat lagi. Sungguh ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Allahu Qadirun (Allah yang maha kuasa). Dan ada hal yang sungguh luarbiasa dari Allahurrahman (Allah Maha Pengasih) Dibulan suci ramadhan. Apabila seseorang bersedekah makanan untuk berbuka kepada orang yang berpuasa (buka puasa tepat waktu), maka Allah akan berikan fahala tambahan yaitu fahala yang sama seperti orang yang disedekahkan kepada orang yang bersedekah.

Yang keempat adalah orang-orang yang mau menjaga lidahnya, mampu menjaga lidahnya agar tidak mengahasut orang lain, tidak berbohong dan tidak mengada-adakan sesuatu yang tidak ada. Dalam suatu riwayat seorang raja meminta kepada Lukmanul Hakim “wahai Lukmanul Hakim sembelihlah seekor kambing, bagikan kepada kaum miskin dan ambil dua potongan daging yang paling bagus untukku dari kambing yang kau sembelih!”, Lukmanul Hakim memilih lidah dan hati sebagai dua potongan daging yang bagus sesuai permintaan raja, di hari esoknya raja kembali memerintahkan Lukmanul Hakim, “wahai Lukmanul Hakim sembelihlah seekor kambing, bagikan kepada kaum miskin dan ambil dua potongan daging paling buruk untukku dari kambing yang kau sembelih!”, Lukmanul Hakim pun memilih lidah dan hati sebagai daging paling buruk sesuai perintah raja. Raja bertanya kepada Lukman, “Apa maksudmu?” Lukman menjawab “Sebaik-baik manusia adalah manusia yang mampu menjaga lidah dan hati, apabila lidah dan hati dijaga dengan baik maka lidah dan hati tersebut akan menjadi potongan daging paling baik yang ada pada suatu badan, begitu juga sebaliknya apabila lidah dan hati tidak dijaga dengan baik maka lidah dan hatilah yang akan menjadi potongan daging paling buruk yang ada pada suatu badan”.

Semoga pembaca sekalian tergolong orang-orang yang dirindukan oleh surganya Allah SWT, Aamiiin!!

Penulis Merupakan Guru AL-Muslimun Islamic Boarding School Lhoksukon & Peserta Sekolah Demokrasi Aceh Utara.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful