Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Di Abdya, Kebanyakan Keluarga Miskin Tidak Didata BPS

Di Abdya, Kebanyakan Keluarga Miskin Tidak Didata BPS

Foto: Ilustrasi Kemiskinan

Foto: Ilustrasi Kemiskinan

LINTAS NASIONAL – ACEH BARAT DAYA, Proses Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dinilai tidak tepat sasaran. Buktinya, masih ada sejumlah rumah tangga miskin di Kabupaen setempat yang tidak didatakan alias tidak masuk kedalam data BPS itu sendiri.

Salah seorang warga Gampong Tokoh Kecamatan Lembah Sabil Ria mengaku kecewa dengan proses pendataan yang dilakukan oleh BPS Abdya. Pasalnya, rumah tangga miskin yang seharusnya layak untuk di data, malah ada keluarga yang mampu masuk dalam data tersebut. “saya merasa kecewa, karena ada rumah tangga miskin yang seharusnya di data tetapi ditinggalkan,” katanya kepada LINTASNASIONAL.com, Sabtu 04 Juli 2015.

Bukan itu saja kata Ria, dalam melakukan pemutakhiran data tersebut terdapat persoalan lain seperti dalam satu rumah tangga miskin yang sudah didata namun anaknya–anaknya justru tidak dimasukkan dalam data orang tuannya,” ada satu rumah tangga miskin, ibu dan ayahnya yang masuk dalam data, sementara anaknya tidak ada, padahal masih satu KK dalam satu rumah tangga itu, ini kan aneh,” sebutnya.

Selaku waraga setempat, kata Ria, dirinya mengaku sudah pernah menanyakan langsung hal itu kepada petugas pendataan rumah tangga saat turun di Gampong Tokoh, namun dirinya tidak mendapat jawab yang memuaskan.”Ada sekitar sepuluh orang, bapak –bapak dan ibu-ibu yang datang ke Desa kami, katanya sedang melaksanakan sensus rumah tangga miskin, lalu saya menanyakan kepada mereka, jika ada warga yang tidak masuk kedalam data, itu  bangaimana? Dan apa bisa di masukkan sekarang, “sepontan tim dari BPS menjawab tidak bisa,” ujarnya yang meniru jawaban tim yang melakukan pemutakhiran data.

Seharusnya lanjut Ria, pihak BPS Abdya harus memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin untuk di data ulang, jangan dibiarkan begitu saja.

Menurutnya,  jika sistem pendataannya seperti ini, dikuwatirkan kedepan pasti akan mengalami permaslahan, sebab pendataan tersebut selain untuk bantuan sosial juga terikat dengan pendataan pada pogram kesehatan. Dan kondisi tersebut dapat menimbulkan negatif terhadap hasil pendataan warga miskin di daerah yang berjulukan Breuh Sigupai.

“Persoalan layak atau tidaknya, tim yang sudah ditentukan dari BPS itu harus mendatakan rumah tangga miskin. Tugas mereka untuk mendata rumah tangga miskin bukan rumah tangga yang kaya-kaya,” paparnya. (Ratu)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful