Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Zakat di Aceh Minimal Rp.30.293 Per Jiwa

Zakat di Aceh Minimal Rp.30.293 Per Jiwa

zakat

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Besaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan tiap umat muslim di Kota Banda Aceh pada Idul Fitri 1436 H, ditetapkan Rp30.293 sampai 45.839 per orang. Jika menggunakan beras, nilainya harus mencapai 2,7 kilogram per jiwa.

“Penetapan besaran zakat fitrah ini sudah diputuskan dalam rapat kordinasi bersama Kamis kemarin,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Banda Aceh, Amiruddin Husein, Minggu 5 Juli 2015.

Penetapan itu melalui rapat kordinasi bersama Majelis Permusyawaratan Ulama, Mahkamah Syariah, Dinas Syariat Islam dan Baitul Mal digelar tiga hari lalu. Tim juga sudah mensurvei harga.

Amiruddin mengatakan masyarakat dibolehkan membayar zakat fitrah menggunakan beras atau uang, sesuai keyakinan masing-masing. Fitrah sudah bisa dibayar sekarang hingga 1 Syawal atau hari pertama Lebaran.

Jika zakat dibayar dengan beras maka, besarannya ditetapkan harus sampai 1,3 liter atau sekira 2,7 Kg bagi tiap orang. Sementara kalau dikeluarkan dalam bentuk uang harus diestimasikan berdasarkan tipe mutu beras yang dimakan sehari-hari, yakni berkisar Rp30.293 hingga 45.839.

Menurutnya keputusan penetapan zakat fitrah ini akan segara disosialisasikan ke kampung-kampung, sehingga menjadi rujukan bagi masyarakat yang akan mengeluarkan fitrah.

Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan tiap individu umat Islam yang masih merasakan hidup pada akhir Ramadan dan selepas matahari terbenam pada malam 1 Syawal.

Zakat ini dibayar dengan makanan pokok warga setempat, namun sebagian ulama membolehkan dengan uang. Waktu pembayarannya selama Ramadan atau sebelum selesai Salat Idul Fitri. Zakat fitrah yang terkumpul akan dibagi di antaranya ke kaum fakir, miskin, mualaf, amil.(Okz)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful