Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Jangan Vonis Ringan Orang tua Penganiaya Anak

Jangan Vonis Ringan Orang tua Penganiaya Anak

 

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa (kiri) menyapa anggota Taruna Siaga bencana (Tagana) usai apel siaga bencana dan  peringatan ulang tahun Tagana ke 11

LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan sejumlah kasus penyiksaan terhadap anak yang dilakukan oleh orang dekatnya. Sebut saja kasus Angeline. Bocah 12 tahun di Denpasar ini, diduga dibunuh oleh ibu angkatnya yang kini sudah menjadi tersangka.

Kemudian bocah berinisial GT di Jakarta. Dia diduga dianiaya ibu kandungnya hingga tubuhnya lebam-lebam. Teranyar, siswi sekolah dasar bernama Mutiara di Makassar. Remaja 12 tahun itu tewas setelah menjadi sasaran amuk ayah kandungnya yang kini menjadi buronan polisi.

Menanggapi hal itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengingatkan para orangtua bahwa mengasuh anak adalah perbuatan hukum. Bila tega menelantarkan anak, kejam dan berbuat kasar terhadap mereka, maka siap-siap menghadapi tuntutan hukum.

“Jangan merasa karena yang melahirkan, menyusui, memberi makan, akhirnya boleh memukul, memperlakukan segala yang dia mau (terhadap anak). Tidak! Ada mekanismenya ada regulasinya,” ujar Khofifah di Jakarta.

“Pokoknya siapa yang melakukan penelantaran, kekejaman, kekerasan bisa dipidana. Maksimal lima tahun dan atau didenda maksimal Rp100 juta,” tambahnya.

Namun hukuman tersebut terbilang belum sukses memberikan efek jera, karena kasus penganiayaan terhadap anak oleh orangtuanya masih saja terjadi. Menurut Khofifah, salah satunya hakim cenderung memberi hukuman ringan bila pelaku penganiayaan terhadap anak adalah orangtuanya.

“Tapi sering kali kalau pelakunya orangtua, hakim cenderung memberikan hukuman ringan, sehingga hukuman itu tidak menjerakan,” pungkasnya.(Okz)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful