Templates by BIGtheme NET
Home / Kesehatan / Tim Gabungan Pemkab,Razia Jajanan Buka Puasa Kota Bireuen

Tim Gabungan Pemkab,Razia Jajanan Buka Puasa Kota Bireuen

Foto: IST

Foto: IST

LINTAS NASIONAL – BIREUEN, Tim gabungan pemerintah Kabupaten Bireuen merazia sejumlah jajanan penganan  berbuka puasa di pasar Kota Juang Bireuen Selasa 7 Juli 2015, langkan ini dilakukanBPOM Aceh untuk mengantisipasi adanya pemakaian zat berbahaya dalam jajanan.

Tim yang dipimpin Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud  Bupati  Bireuen  terdiri dari badan pemeriksaan obat dan makanan  (BPOM) Aceh  dan dinas  Kesehatan Kabupaten Bireuen, Tim tersebut juga mengambil beberapa  sampel makanan  untuk diperiksa,  apakah mengandung  zat kimia seperti formalin, borax, metanil yellow (zat pewarna) dan rodhami.

Kepala bidang pengujian pangan dan bahan berbahaya BPOM Aceh Hasbi mengatakan, “Jajanan yang dirazia pada hari ini seperti  mie,  kue dan berbagai makanan serta minuman lainnya yang banyak dijual untuk warga selama bulan puasa, dari beberapa sample yang di  periksa dari pasar jualan penganan berbuka puasa di Kota Juang Bireuen, semuanya  aman untuk dikonsumsi, tidak ada makanan yang mengandung zat – zat berbahaya seperti formalin dan borax yangserin  digunakan pedagang nakal,  selain  untuk mengawetkan,  juga agar  jajanan nya terlihat menarik.” Ungkap Hasbi.

Sedangkan makanan yang di ambil sempel dari pasar Matang GLP 2, kecamatan Peusangan seperti mie, 85 % mengandung formalin setelah di uji melalui alat pengujian, mie yang tercampur formalin berubah warna menjadi ungu, jelas Hasbi.

Hasbi juga menambahkan, “formalin adalah zat untuk mengawetkan mayat yang sangat berbahaya kalau dicampur dalam makanan atau minuman jika dikonsumsi maka akan menyebabkan gangguan pencernaan iritasi lambung, mual, dan muntah, serta jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kanker dan berbagai  penyakit lainnya” Tambah Hasbi

Sample jajanan diambil itu langsung dites di mobil  laboratorium keliling  Badan POM Aceh, meski hasil  sementara yang di tes di  pasar Kota Juang Bireuen aman untuk dikonsumsi warga, petugas tetap akan lanjutkan  pemeriksaan lagi ke laboratorium BPOM.(Adv.)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful