Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Haji Uma: Bahasa Daerah Harus Ada Undang-Undang yang Jelas

Haji Uma: Bahasa Daerah Harus Ada Undang-Undang yang Jelas

Sudirman

Anggota DPD RI Sudirman

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Anggota DPD RI Sudirman atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Uma, sangat prihatin dengan lunturnya bahasa daerah serta kurangnya minat dari generasi Aceh untuk menumbuhkembangkan bahasa daerahnya sendiri dalam berkomunikasi sehari-hari.

“Hal ini menjadi keprihatinan kita bersama, bahwa dengan tampilan yang demikian, pergeseran dari nilai-nilai budaya, etika dan nilai sosial menjadi terkikis,” ujarnya kepada LINTASNASIONAL.com, Senin 14 September 2015.

DPD RI katanya telah sepakat, bahwa bahasa dan juga budaya daerah wajib dinobatkan menjadi salah satu komponen yang harus dipertahankan dan harus dibentuk satu regulasi yang jelas.

“Terkait perhatian dari pemerintah dalam hal ini, kita melihat pihaknya sangat koperatif dan komit dengan berbagai event-event seni dan budaya yang diadakan oleh pemerintah dan itu merupakan satu simbol bahwa pemerintah mulai menggalakkan budaya daerah itu sendiri,” tambahnya.

Sudirman menuturkan, hal ini tidak akan bertahan lama bila unsur Undang-Undang atau pun regulasinya yang tidak jelas. “Untuk Aceh sendiri ada sekitar sebelas bahasa dan ada dua bahasa dikatagorikan akan hilang, namun belum bisa kita vonis daerah mana,” ungkapnya.

Ia menambahkan, komitmen kita bersama menjadikan bahasa sebagai warisan, dan tugas kita sekarang adalah wajib untuk menyelamatkannya, “karena untuk menciptakan suatu bahasa itu belum tentu kita bisa, maka itulah yang patut kita melestarikan sebaik-baiknya,” tegas Sudirman.

Selain itu menurutnya, DPD RI saat ini sedang menyiapkan Draf Undang-Undang dan juga draf akademisi terkait dengan hal tersebut. “Ada langkah-langkah konkrit di daerah yang bisa menjadi landasan untuk pengembangan bahasa dan budaya daerah tersebut, dan dari segi pengembangan kapasitas seperti unsur masyarakat, kelompok dan lainnya itu harus diberikan perhatian khusus,” tandasnya. (MUHAMMAD FAZIL)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful