Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / LKIF STAIN Malikussaleh Gelar Kegiatan Malam Pengamatan Bulan Internasional  

LKIF STAIN Malikussaleh Gelar Kegiatan Malam Pengamatan Bulan Internasional  

Foto Ilustrasi Malam Pengamatan Bulan Internasional (Google)

Foto Ilustrasi Malam Pengamatan Bulan Internasional (Google)

LINTAS NASIONAL – LHOKSEUMAWE, Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe akan memperingati kegiatan International Observer the Moon Night (InOMN) atau yang lebih dikenal dengan malam pengamatan bulan internasional, Sabtu, 19 September 2015.

InOMN merupakan kegiatan tahunan yang digagas dan dideklarasikan pertama kali pada tahun 2010 oleh para astronom amatir dan profesional di Amerika Serikat kemudian disambut dengan baik dan selalu diperingati  setiap tahunnya oleh hampir semua tim astronom amatir dan professional di seluruh dunia,” Jelas Pembina LKIF STAIN Malikussaleh Tgk. Ismail Al-Falaki.

Tujuan digagas InOMN adalah untuk memperkenalkan bulan kepada masyarakat umum secara teori ilmiah, karena hanya bulan satu-satunya benda langit yang dekat dengan Bumi. “Tentu ini menjadi momen yang sangat indah mengingat beragam pemahaman masyarakat tentang bulan,” sebutnya.

Penetapan tanggal untuk memperingati InOMN  setiap tahunnya ditetapkan beberapa syarat. “ Pertama, pengamatan dilakukan pada malam Minggu yang harus bertepatan pada seperampat awal bulan Hijriyah di bulan September, Oktober atau November. Kedua, pengamatan harus menggunakan teleskop, agar semua pengunjung bisa melihat secara langsung bentuk permukaan bulan dan kawah yang ada di bulan,” tambahnya.

Sesuai dengan persyaratan yang telah disepakati, maka InOMN untuk tahun ini jatuh pada Sabtu, 19 September 2015 petang besok. Pada kesempatan ini LKIF bekerjasama dengan Himpunan Astronom Amatir Aceh (HA3) yang berpusat di Kota Lhokseumawe, akan memperingati kegiatan InOMN di lokasi terminal mobil penumpang (Mopen) labi-labi, Gampong Keude Aceh Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe dengan menggunakan tiga teleskop.

“Acara ini diperuntukkan untuk masyarakat umum dan diharapkan kepada seluruh masyarakat yang ingin melihat secara langsung permukaan bulan dengan teleskop agar dapat menghadiri tempat tersebut yang akan dimulai pukul 18:00 hingga 22:00 WIB,” tutupnya.

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful