Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Protes Terhadap Bangunan Gereja Diduga Pemicu Bentrok di Aceh Singkil

Protes Terhadap Bangunan Gereja Diduga Pemicu Bentrok di Aceh Singkil

@serambi

@serambi

LINTAS NASIONAL – ACEH SINGKIL, Bentrokan yang terjadi di Aceh Singkil, tepatnya Desa Dangguran, Kecamatan Simpang Kanan, diduga bermula dari protes warga terhadap bangunan gereja yang berdiri tanpa izin. Protes tersebut pun diawali dialog hingga aksi demonstrasi.

Bishop Gereja Pakpak, Pendeta Elson Lingga, mengatakan, pada 6 Oktober 2015 ada kelompok masyarakat yang menamakan diri Forum Pemuda Islam yang menggelar demonstrasi di depan kantor bupati. Mereka menuntut Pemkab Aceh Singkil untuk meruntuhkan bangunan tersebut dengan tenggat waktu 9 hingga 13 Oktober 2015.

“Kalau tidak diruntuhkan, mereka yang akan turun tangan. Jadi semalam itu padahal sudah ada fasilitas yang dikasih Pemkab Aceh Singkil dan mereka sudah mengiyakan akan merobohkan gereja itu, dan timing-nya tanggal 19. Tapi itu mereka tidak sabar dan melakukan penyerangan,” kata Elson dilansir dari okezon.com, Selasa 13 Oktober 2015.

Menurut Elson, para jemaat gereja yang ada di sana juga sudah mau mengungsi. Bahkan dirinya sebagai pimpinan juga sudah meminta mereka untuk menghindari bentrok.

“Tapi karena batas waktu ternyata dilanggar, jemaat kami akhirnya tidak bisa memahami situasi, dan terjadilah bentrokan,” ujarnya.

Sementara itu, dirinya mengimbau semua pihak terutama pemerintah supaya mendengar suara warga untuk turun dan memberikan bantuan terutama pengamanan. Kemudian menjamin keberadaan tempat beribadah mengingat umat kristen yang ada di desa tersebut masih butuh tempat ibadah.

“Karena kami sudah memberitahukan lewat SMS ke Menteri dan Presiden enggak ada yang mendengarkan. Jadi enggak ada gunanya, kami berharap mereka turun dan memberikan bantuan terutama pengamanan, Kapolres bilang tidak cukup (personel). Jadi sekarang ada satu desa yang terkepung di Aceh Singkil. Ngeri sekali, ada 300 orang yang dikepung oleh 1.000 sampai 2.000 orang,” pungkasnya.

 

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful