Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Editorial: 365 Hari Jokowi-JK Memimpin

Editorial: 365 Hari Jokowi-JK Memimpin

Jokowi - JK, (google)

Senin, 20 Oktober 2014 lalu merupakan hari bersejarah bagi segenap bangsa Indonesia. Hari itu Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla diambil sumpahnya untuk memimpin bangsa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Banyak harapan baru yang dinantikan rakyat kepada pemimpin yang dipilih secara langsung ini. Berharap Indonesia bangun dari keterpurukan, bangkit dari kemorosotan dan maju dengan bangga sebagai bangsa yang berdaulat baik di darat, laut maupun udara. Harapan ini digantung oleh rakyat kepada pemimpin bangsa, Jokowi-JK.

Menuntut terlalu banyak dan dan berharap berlebihan dalam masa satu tahun ini memang tidaklah etis untuk menilai sebuah keberhasilan. Namun, bukanlah kesalahan apabila rakyat mencoba untuk memberikan nilai tersendiri untuk masa satu tahun ini. Maka perlu neraca dan sudut pandang yang professional dan proporsional untuk memberikan nilai, inilah kiranya pilihan yang tepat.

Banyak hal yang perlu dan sedang dibenah oleh Jokowi-JK. Pada satu sisi hadirnya pihak oposisi dari Koalisi Merah Putih semakin menjadikan Jokowi-JK untuk tidak berleha-leha dan santai dalam membangun negeri ini. Akan tetapi dengan parlemen yang dikuasai oleh para elite Koalisi Merah Putih, pada awalnya sulit terbangun komunikasi yang harmonis antara Koalisi Indonesia Hebat yang mendukung pemerintah dengan Koalisi Merah Putih yang mendeklerasikan diri sebagai ‘pengkritik’ pemerintah, sekarang telah muncul secercah cahaya terang. Dua kubu ini sudah mau bertemu, berbagi hingga ada yang ‘nyemplung’ turut koalisi.

Krisis ekonomi global yang melanda dunia, membuat Indonesia untuk turut merasakan dampaknya. Rakyat mengeluh dengan nilai tukar rupiah dengan dolar Amerika yang jebol retak menembus angka yang sulit dipercaya. Tamparan telak krisis ekonomi global ini semakin menjadikan daya beli masyarakat menurun, investasi lesu dan PHK membanyangi industri nasional, dan tentunya harga bahan pokok melambung tinggi yang membuat rakyat dilanda penderitaan yang tidak tahu dimana akhirnya. Dalam menanggapi hal ini, pemerintah Jokowi-JK sampai meluncurkan paket kebijakan ekonomi hingga jilid keempat. Berbagai kebijakan menggerakkan proyek strategis nasional terus dilakukan dan dibenahi oleh pemerintah Jokowi-JK. Kiranya harapan dan regulasi ini semakin memberi kenyataan bahwa pemimpin bangsa kita sedang bekerja.

Kasus kebakaran hutan yang melanda wilayah Sumatera dan Kalimantan membuat Indonesia kembali dikritik oleh bangsa luar. Bagaimana tidak, kepulan asap kebakaran hutan di Negara kita telah menghiasi langit-langit Malaysia, Singapura dan Thailand. Minimnya sarana untuk pemadaman kebakaran lahan juga menjadi catatan penting pemerintah Jokowi-JK agar kedepannya dapat memprioritaskan ‘alutsista’ yang bagian satu ini.

Keberhasilan pemerintah Jokowi-JK selama setahun ini bisa dilihat dengan mampu dituntaskannya pembangunan Tol Palikanci yang telah suskes mengurai kemacetan lalu lintas di wilayah pulau Jawa dan pembangunan jalan bebas hambatan di Kalimantan Timur-Kalimantan Barat yang juga sedang berlangsung. Suskes menyelenggarakan turnamen Piala Presiden pertama di Indonesia, ditengah layunya dunia persepakbolaan di Indonesia.

Terakhir, jika pemerintah Jokowi-JK kurang cepat merespon permasalahan bangsa, maka noktah positif yang telah berhasil dilakukan selama setahun ini akan pudar dengan sendirinya. 365 hari merupakan masa yang singkat. Masih tersisa ratusan hari lagi bagi Jokowi-JK untuk membuktikan kepada rakyat Indonesia, bahwa Jokowi-JK beserta ‘pasukan’ Kabinet Kerja nya, akan terus menaati slogan Kerja, Kerja dan Kerja.

Redaktur: Nazar Ashy

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful