Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Musabaqah Hifzhil Qur’an Resmi Ditutup

Musabaqah Hifzhil Qur’an Resmi Ditutup

Mifqar 1 Bnada Aceh

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Musabaqah Hifzhil Qur’an (Mifqar) I Antar Lembaga Tahfizh se-Kota Banda Aceh yang digelar Sejak Sabtu 28 November lalu di Ma’had Darut Tahfizh Al-Ikhlas (DTI), Komplek Vila Gardenia, Ajun, Senin 30 November 2015 malam resmi ditutup.

Pada malam penutupan ajang tempat berkumpulnya para penghafal Al-Quran itu, dewan hakim yang diketuai oleh Ustaz Zulfikar SAg yang juga menjabat pimpinan podok pesantren, mengumumkan para Hafiz dan Hafizah terbaik Mifqar I untuk cabang 1, 5, 10, 20, dan 30 juz.

Selain tropi, para pemenang juga mendapatkan sejumlah uang pembinaan yang diserahkan Staf Ahli Wali Kota Banda Aceh Bidang Hukum dan Politik, Ir T Iwan Kesuma, yang didampingi Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah Dinas Syariat Islam (DSI) Wirzaini SHI mewakili Kepala DSI Banda Aceh Mairul Hazami SE MSi.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan T Iwan Kesuma, Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Swa’aduddin Djamal SE, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada DSI Kota Banda Aceh dan Ma’had DTI serta semua pihak yang terlibat, sehingga terlaksananya kegiatan yang disebutnya sangat mulia ini.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang untuk menguji kemampuan dan kelancaran hafalan Al-Quran bagi para siswa/santri dalam wilayah Kota Banda Aceh termasuk siswa/santri di bawah binaan Pemko Banda Aceh melalui DSI Kota Banda Aceh, dan mempersiapkan kader-kader imam yang hafal Al-Quran,” sebut wali kota.

Lembaga Tahfizul Quran di Banda Aceh, sebutnya, perlu terus diperkuat karena sudah terbukti berhasil melahirkan generasi muda penghafal Al-Quran. “Dan hal ini sesuai dengan keinginan kita bersama untuk mewujudkan Banda Aceh Model Kota Madani. Membangun Kota Banda Aceh bersama Generasi Huffazh.”

“Generasi Madani adalah generasi Qurani, karena generasi inilah nanti yang akan berperan sebagai pilar-pilar yang mewarnai kehidupan Kota Madani ini.”

Ia menambahkan, beberapa lembaga tahfiz di Kota Banda Aceh telah mampu melahirkan generasi Qurani yang memahami dan mendalami isi kandungan Al-Quran dan seterusnya menjadi seorang penghafalAl-Quran. “Bahkan Alhamdulillah di Ma’had Darut Tahfizh Al-Ikhlas ini, dari tiga santri yang diundang menjadi imam shalat tarawihRamadhan 1436 H lalu di Malaysia, dua orang adalah santri binaan Pemko Banda Aceh.”

Pada kesempatan tersebut, wali kota juga menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan Wisuda Akbar Tahfizhul Quran.” Kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi dari Pemko Banda Aceh kepada para huffazh atau penghafal Al-Quran di Kota Banda Aceh dan juga sebagai ajang silaturrahim para penghafal Al-Quran.”

Terakhir, wali kota juga mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah tampil sebagai pemenang. “Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan di masa mendatang. Kepadapara peserta yang belum meraih kemenangan, agar terus belajar dan meningkatkan hafalannya sehingga di lain waktu akan bisa tampil lebih baik lagi,” kata Iwan mengakhiri sambutan wali kota.

Turut hadir pada acara penutupan malam tadi antara lain sejumlahKepala SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh, Ketua Yayasan Ma’had DTI  Ustaz H Irwansyah, para Dewan Hakim, Peserta Musabaqah Hifzhil Quran dari berbagai Lembaga Tahfizh se-Kota Banda Aceh, Rekan-rekan pers, serta ratusan warga setempat.

Berikut Hafiz dan Hafizah terbaik dari delapan cabang perlombaan Mifqar I 2015:

1 Juz Putra | Juara I: M Pasya (Lembaga Tahfiz Masjid Agung), Juara II: Genta (BSI Baitul Musyahadah), Juara III: M Akram (MIN Rukoh).

1 Juz Putri | Juara I: Niswah Hijja Yasmin ( Ma’had DTI), Juara II Dhinna Filzah (MTsN Insan Qurani), Juara III: Nanda Putri Zahra (SDIK Nurul Quran).

5 Juz Putra | Juara I: Azka Jundana (MAS Insan Qurani), Juara II: Safirul Haq Al-Muhtadi Billah (MIN Rukoh), Juara III: M Rizki Ananda (Ma’had DTI).

5 Juz Putri | Juara I: Qari Aina (Ma’had DTI), Juara II: Annisa Maghfirah (MUQ Pagar Air), Juara III: Siti Azizah Azzahra (Lembaga Tahfiz Masji Agung).

10 Juz Putra | Juara I: T Akbar Ramadhan (Ma’had DTI), Juara II: Muhammad Hafiz (MAS Insan Qurani).

10 Juz Putri | Juara I: Siti Sarah (Ma’had DTI).

20 Juz Putra | Juara I: Misbahul Munawar (MUQ Pagar Air), Juara II: Khalilurrahman (Dayah Insan Qurani), Juara III: Muhammad Nanda M (Ma’had DTI).

30 Juz Putra | Juara I: Rahmat Setiawan (Vicci Sulaimaniyah Turkey)

(Jun)

 

Share it!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • More

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful