Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Ini Tujuh Mesjid Paling Indah di Indonesia

Ini Tujuh Mesjid Paling Indah di Indonesia

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk beragama Muslim terbesar di dunia. Karena gak heran kalau ada banyak masjid yang berdiri di sini. Beberapa di antaranya bahkan memiliki arsitektur yang sangat indah seperti misalnya:

1. Masjid Raya Baiturrahman – Aceh

Jika dilihat sekilas, Masjid Raya Baiturrahman memiliki kemiripan gaya arsitektur dengan Taj Mahal di India. Masjid yang ini masuk ke dalam daftar masjid dengan bentuk bangunan terindah. Dibangun pada lahan seluas 4.760 m2, masjid ini mampu menampung sampai 9,000 orang. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Baiturrahman juga menjadi spot wisata di Aceh. Banyak orang berkunjung ke sana ke untuk melihat keindahannya.

2. Masjid Ramlie Musofa – Jakarta

Selain Masjid Istiqlal, di Jakarta juga ada loh masjid yang bangunannya keren banget. Namanya adalah Masjid Ramlie Musofa. Masjid yang berdiri sekitar tahun 2011 tersebut mencuri perhatian karena terlihat mewah dan juga klasik. Didominasi warna putih, Masjid Ramlie Musofa berdiri di pinggir danau di daerah Sunter, Jakarta Utara.

3. Masjid Agung – Semarang

Berbeda dengan Masjid Ramlie atau Baiturrahman yang memiliki gaya klasik. Masjid Agung Semarang dibangun dengan gaya futuristik. Kabarnya gaya arsitektur Masjid Agung Semarang ini mengambil menggambungkan konsep bangunan Jawa dan Yunani. Di Masjid Agung Semarang juga ada payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.

Bagi kamu yang menyukai bangunan dengan style unik, mengunjungi Masjid Agung Semarang pasti akan sangat menyenangkan. Nah kalau kamu berlibur ke sana saat puasa, selain pergi ke Masjid Agung, kamu juga bisa sekalian melihat tradisi Dugderan.  Dugderan adalah tradisi menyambut Bulan Ramadan yang diadakan oleh masyarakat lokal untuk menyambut bulan suci tersebut.

4. Masjid Al-Irsyad – Bandung

Minimalis. Itulah kesan utama yang akan terasa kita melihat bangunan Masjid Al-Irsyad yang dibangun tahun 2009 ini. Terletak di daerah Kota Baru Parahyangan, Masjid Al-Irsyad menjadi salah satu bangunan kebanggaan warga Bandung. Arsitek yang merancang masjid ini adalah Bapak Ridwan Kamil. Karena bentuk bangunannya, di tahun 2010 Masjid Al-Irsyad menyabet FuturArc Green Leadership Award.

5. Masjid Sultan Suriansyah – Banjarmasin

Masjid ini termasuk ke dalam daftar masjid tertua di Banjarmasin. Dibangun antara tahun 1526-1550, Masjid Sultan Suriansyah berada di Kelurahan Kuin Utara. Letak keunikan masjid ini berada pada desainnya yang berupa rumah panggung. Di dalamnya ada ukiran khas Kalimantan yang membuatnya berbeda dari berbagai masjid lain di Indonesia.

Di samping Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin juga mempunyai ciri khas lain yaitu tradisi Bagarakan Sahur. Tradisi ini adalah tradisi membangunkan orang lain untuk sahur dengan cara berkeliling sambil membunyikan bedug atau kendang. Gak cuma Banjarmasin, tradisi menyambut bulan Ramadan pun ada di daerah lainnya yang dengan keunikan tersendiri. Kalau kamu mau mengeskplorasi tradisi-tradisi tersebut, langsung saja coba game Tualang Ramadan. Permainan ini akan mengajakmu berkeliling Indonesia melihat keunikan tradisi Ramadan di tiap daerah yang dikemas dalam bentuk permainan seru.

6. Masjid Jami’ – Malang

Dari Kota Malang, masjid indah yang bangunannya mengaggumkan adalah bernama Masjid Jami. Masjid tersebut dibangun mulai tahun 1890 dan selesai pada 1903. Di bagian tengah bangunan ini ada air mancur yang membuatnya tidak hanya dikunjungi untuk ibadah tapi juga untuk beribadah. Sampai saat ini Masjid Jami Malang masih menjadi masjid terindah di kota berhawa dingin tersebut.

7. Masjid Agung Tuban – Jawa Timur

Desain bangunannya lumayan mirip dengan Disneyland, ya nggak? Dibangun pada tahun 1894, Masjid Agung Tuban ini mengambil konsep bangunan 1001 malam.

Gimana? Keren kan arsitektur-arsitektur masjid di atas? Kalau suatu hari kamu punya kesempatan mengunjungi masjid-masjid tersebut, jangan lupa berfoto di sana ya.

Sumber: IDN Time

Share it!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • More

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful