Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Yusril Akan Lakukan Uji Materi UU Pemilu Terkait Ambang Batas

Yusril Akan Lakukan Uji Materi UU Pemilu Terkait Ambang Batas

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra berencana akan melakukan uji materi UU Pemilu terkait ambang batas Partai dalam pengajuan calon Presiden.

Menurut Yusril yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), dalam undang-undang Pemilu yang terbaru, syarat Partai mengajukan calon Presiden adalah sebesar 20 persen untuk perolehan kursi di DPR atau 25 persen perolehan suara nasional.

“Untuk itu PBB bersikukuh menolak aturan tersebut, ada alasan konstitusional, tapi ada alasan kepentingan politik juga” kata Yusril dalam konferensi pers di Banda Aceh, Selasa 8 Agustus 2017 di Ring Road Cafe Batoh.

Ia menambahkan, alasan konstitusional didasarkan pada bunyi pasal 22 e peraturan tersebut dikaitkan dengan pasal 6 a UUD 1945, sebutnya pasangan calon Presiden diajukan oleh partai politik peserta pemilu sebelum pemilu dilaksanakan.

“Saat ini Pemilu dilaksanakan serentak, Ia menilai apabila serentak tidak mungkin menggunakan Threshold atau ambang batas,” sebutnya

Kata Yusril, pada kurun waktu Lima Tahun peta kekuatan politik sudah berubah, dulu kemungkinan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat suara tinggi, tapi sekarang mungkin rakyat kesal dengan Presiden Joko Widodo karena kesulitan hidup yang dialami sehingga mereka tidak lagi memilih PDIP, sehingga ada kemungkinan suara PBB meningkat.

Yusril mengklaim partainya sudah mendeklarasikan untuk mencalonkan dia pada Pilpres 2019, alasan politik yang dia jadikan dasar adalah sikap PBB tersebut. Namun menurut dia, dengan aturan yang baru itu, kemungkinan dia tidak bisa maju termasuk claon-calon lainnya. Ia menilai, bisa jadi calon tunggal akan muncul pada 2019.

Meski begitu, Yusril hingga saat ini belum mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi.

“Kitq masih menunggu aturan itu ditandatangani oleh Presiden, dan diundangkan oleh Pemerintah,” tutup Yusril Ihza Mahendra. (Red)

Share it!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • More

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful