Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Perhelatan Saman 10001 Butuh Biaya Besar

Perhelatan Saman 10001 Butuh Biaya Besar

LINTAS NASIONAL – GAYO LUES, Kepala Dinas Parawisata Gayo Lues Syafruddin mengatakan Saman Gayo merupakan sebuah budaya hasil karya cipta masyarakat dataran tinggi Gayo khusus Kabupaten Gayo Lues yang keberadaannya saat ini telah diakui oleh masyarakat dunia.

Saat ini Saman Gayo telah dijadwalkan sebagai agenda tahunan di Kabupaten Gayo Lues yang diselenggarakan secara Massal. Namun kendala selama ini yang dirasakan adalah persoalan pembiayaan dari perhelatan tersebut. Karenanya dalam hal ini kami membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah pusat melalui Kementrian terkait.

Demikian disampaikan Syafruddin disela-sela kesibukannya jelang pelaksanaan Saman Massal di Gayo Lues pada Kamis 10 Agustus 2017.

Menurutnya pada puncak acara yang jatuh pada tanggal 13 Agustus 2017 tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy serta Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya hampir dipastikan akan menghadiri Pergelaran Tari Saman Massal 10.001 penari yang akan digelar pada 13 Agustus 2017 mendatang di Stadion Seribu Bukit, Kota Blangkejeren, Kab. Gayo Lues, Prov. Aceh.

Sementara kepastian kehadiran dua pejabat tinggi Negara itu telah dimuat dalam beberapa media massa seperti termuat dalam Serambinews.com, terkait kepastian kehadiran Mendikbud dan Ketua Komisi X disampaikan Staf Khusus Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Salsabil Ali, MH, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 8 Juli 2017.

“Insya Allah Ketua Komisi dan Mendikbud dipastikan hadir. Ini merupakan bentuk dukungan terhadap pelestarian budaya dan pariwisata, serta bagian dari  kreativitas ekonomi kreatif masyarakat,” kata Salsabil Ali.

Saman ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco, dalam sidangnya di Bali pada 24 November 2011.

Pertunjukan Saman Massal merupakan yang kedua kali diselenggarakan. Pertama pada 2014 melibatkan 5.047 penari dan yang kedua jumlah penari dilipatgandakan menjadi 10.001 orang. Pertunjukan tersebut digagas dan diselenggarakan Pemkab Gayo Lues. (Abdul Rahman)

Share it!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • More

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful