Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Dinas Kelautan Abdya Launching Sekolah Tanpa Dinding

Dinas Kelautan Abdya Launching Sekolah Tanpa Dinding

Foto: Asisten II sekdakab Abdya Saiful Azhar yang didampingi Kadis DKP setempat Mukhkis serta Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya Irma Ika Susanti meninjau sekaligus memberikan umpan ikan yang dibudidayakan di Desa Lhok Gajah, pada kegiatan louncing sekolah tanpa dinding, Jumat 6 Oktober 2017.

LINTAS NASIONAL, ACEH BARAT DAYA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan louncing sekolah tanpa dinding (Mina Farm Scool) untuk pelaku utama dan pelaku usaha perikanan dalam rangka pengembangan pakan mandiri berbahan baku lokal, Jumat 6 Oktober 2017.

Kegiatan yang berlangsung di Desa Lhoh Gajah Kecamatan Kuala Bate Kabupaten, dihadiri Asisten II Sekdakab setempat Saiful Azhar sekaligus membuka kegiatan louncing tersebut. selain itu, hadir juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abdya Mukhlis dan puluhan peserta sekolah tampa dinding.

Saiful Azhar yang mewakili Bupati Akmal Ibrahim dalam sambutanya mengatakan, Kemandirian pakan ikan yang merupakan bagian dari kemandirian sarana produksi, saat ini didorong melalui gerakan pakan ikan mandiri (Gerpari).

“Pengembangan budidaya ikan tersebut ada empat kemandirian yang harus dilakukan yaitu kemandirian kawasan, kemandirian sarana produksi, kemandirian kelompok pembudidaya dan juga kemandirian usaha,” katanya.

Disebutkan Saiful, sarana produksi pakan lebih diutamakan karena komponen biaya yang paling besar dari usaha budidaya ikan adalah pakan. Karena menurtnya, biaya yang dikeluarkan untuk pakan tersebut bisa mencapai 80 persen.

“Sehingga intruksi dari menteri kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, biaya pakan harus turun sampai 60 persen agar tercapai kesejahteraan masyarakat pembudidaya,” paparnya.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan tersebut, Irma Ika Susanti dalam sambutanya menyebutkan, sekolah tanpa dinding ini salah satu uapaya untuk pemamfaatan bahan baku lokal yang berpotensial. “Sekolah tanpa dinding ini lebih epesien,” katanya.

Irma Ika menambahkan, konsep sekolah tanpa dinding ini adalah salah satu inovasi pendampingan dan penyuluhan yang diadop model sekolah lapan, dengan waktu dan sistem yang lebih efektif. Pelaku utama dan pelaku usaha perikanan pembudidaya ikan mandiri ini katanya, tidak hanya peserta sekolah lapan saja, akan tetapi masyarakat umum juga akan ikut berpartisipasi.

“Kita berharap adanya sekolah tanpa dinding ini, pelaku utama dan pelaku usaha perikanan dapat lebih mandiri dan lebih fraktis menerima teknologi dan informasi yang lebih aprikatif,” harapnya.

Seusai pembukaan kegiatan louncing dan sosialisasi, Asisten II Saiful Azhar yang didampingi Kadis DKP setempat Mukhkis serta Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya Irma Ika Susanti, S. Pi, M. Si meninjau lokasi tambak ikan yang sedang dibudidaya dalam lokasi kegiatan tersebut. (RM).

Share it!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • More

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful