Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / IAIN Lhokseumawe Laksanakan Program Gampong Binaan di Aceh Utara

IAIN Lhokseumawe Laksanakan Program Gampong Binaan di Aceh Utara

Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe. IST

LINTASNASIONAL.COM, ACEH UTARA- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, melaksanakan program gampong binaan di Desa (Gampong) Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Rabu 11 Oktober 2017.

Kegiatan itu turut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf (Sidom Peng).

“Kita berterima kasih banyak
untuk semua pihak terutama kepada IAIN yang telah melaksanakan program desa binaan di wilayah Aceh Utara, kegiatan tersebut sesuai dengan visi dan misi kita pada priode ini. Pemkab Aceh Utara mendukung penuh atas kegiatan dimaksud,” ungkap Fauzi Yusuf, Rabu 11 Oktober 2017.

Fauzi Yusuf meminta kepada semua pihak baik ditingkat pemerintahan gampong (desa) maupun kecamatan, untuk memanfaatkan program guna mencapai hasil yang maksimal dari program tersebut.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Dr. H. Hafifuddin, M.Ag, mengatakan, program gampong binaan merupakan salah satu program unggulan yang dilaksanakan kampus IAIN, khususnya di bidang keagamaan, pendidikan dan wirausaha.

“IAIN saat ini sedang merancang konsep pengembangan wisata Islami khususnya di Aceh Utara, karena kita melihat potensi dari sektor wisata sangat besar. Namun hingga saat ini belum bisa dimanfaatkan secara optimal dari potensi yang ada disekitarnya, maka dalam hal ini kita mengupayakan bagaimana potensi wisata dapat dikelola dengan baik, tentunya tidak melanggar dari syariat Islam itu sendiri,” kata Dr. H. Hafifuddin.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Fauzan MA., menambahkan, kegiatan itu
akan berlangsung selama tiga bulan, bahkan direncanakan akan berlanjut hingga tahun depan dan sampai lima tahun kedepan.

Menurut Fauzan, hingga saat ini IAIN Lhokseumawe telah melakukan pembinaan keagamaan di lima gampong (desa) di Aceh Utara. Sejak 2015 lalu, materi yang dibekali dalam program tersebut yakni Fiqih (Ibadah, mawaris, dakwah, Muamalah, Munakahat).

Selanjutnya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru
bagi guru SD/SMP sederajat, Tahsinul Qur’an, Pelatihan Ilmu Falaq (Astronomi), Tehnik Penyusunan Materi Dakwah, Kajian ke-Islaman
(pengajian umum) dan pelatihan kewirausahaan.

“Kira berharap program binaan gampong ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, dan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Fauzan.

Penulis: Muhammad Fazil

Share it!
  • Twitter
  • Facebook
  • email
  • More

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful