Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Galian C Berpotensi Rusak Lingkungan di Aceh Utara

Galian C Berpotensi Rusak Lingkungan di Aceh Utara

Direktur LSM Suara Hati Rakyat (Sahara) Dahlan M. Isa, saat diwawancarai wartawan di Hotel Lido Graha, Kota Lhokseumawe, Sabtu 14 Oktober 2017.

LINTASNASIONAL.COM, LHOKSEUMAWE- Maraknya aktivitas galian C di Kabupaten Aceh Utara, berpotensi menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, jika tidak ada penanganan secara serius.

Direktur LSM Suara Hati Rakyat (Sahara) Dahlan M. Isa, menyebutkan, akibat aktivitas galian C khususnya di Aceh Utara telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang cukup parah, seperti terjadinya kerusakan infrastruktur jalan di pedesaan.

“Menjaga fasilitas infrastruktur itu sangat penting, karena menyangkut keseimbangan lingkungan, sosial dan perekonomian masyarakat. Pemerintah Aceh Utara perlu bertindak tegas guna menertibkan kegiatan tersebut,” kata Dahlan, kepada wartawan saat konferensi pers di Hotel Lido Graha, Kota Lhokseumawe, Sabtu 14 Oktober 2017.

Selain itu, pihaknya juga menemukan aktivitas galian C tanpa surat izin penambangan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Aceh Utara, yang ditemukan di beberapa lokasi pedalaman kabupaten itu berupa pengangkutan batu kerikil dan batu besar (batu gajah).

Menurut Dahlan, berdasarkan hasil survei dilapangan, bahwa selama ini aktivitas ilegal tersebut sering didapatkan yaitu di Kecamatan Sawang dan Nisam. Sehingga akan berpotensi menimbulkan berbagai bencana alam, imbasnya terhadap masyarakat.

“Menyangkut hal ini, kita sudah menyampaikan rekomendasi kepada Pemkab Aceh Utara mengenai kerugian masyarakat penyebab aktivitas galian C tersebut,” ujar Dahlan.

Namun, perlu dipahami bersama bahwa pihaknya bukan tidak mendukung terhadap pembangunan, karena pada dasarnya pembangunan salah satu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Artinya jangan sampai menghambat aktivitas warga, bahkan hingga merugikan mereka. Pemerintah harus serius dalam melakukan pengawasan terkait hal dimaksud,” ungkap Dahlan M. Isa.

Penulis: Muhammad Fazil

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful