Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Hindari Penyimpangan Dana Desa, Polres Langsa Sosialisasi Penggunaan Anggaran

Hindari Penyimpangan Dana Desa, Polres Langsa Sosialisasi Penggunaan Anggaran

Dok. Arahan dan Kata Sambutan oleh Kapolres Kota Langsa di Aula Mapolres Langsa

Lintas Nasional – Langsa, Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa, Sik didampingi Walikota Langsa Tgk H. Usman Abdullah,SE, melaksanakan sosialisasi penggunaan anggaran desa agar tidak terjadi penyimpangan dan penyelewengan yang diikuti oleh Bhabinkamtibmas serta seluruh Kepala Desa (Geuchik) Se-Kota Langsa, di Aula Mapolres Kota Langsa pada Kamis 26 Oktober 2017.

Pengerahan Bhabinkamtibmas sebagai pengawas dan pencegah tindak pidana korupsi dalam perspektif penggunaan Dana Desa (DD) ini, dikoordinir oleh Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya kecurangan dan penyimpangan penggunaan anggaran oleh Kepala Desa setempat.

Dok. Kapolres Kota Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa, Sik

“Terkait dengan kegiatan pengelolaan Dana Desa mengaspirasi partisipasi kebutuhan masyarakat, sehingga tergeraklah dinamika ekonomi yang ada di Desa. Nah, pola pengawasan yang dilakukan adalah pengawasan bukan hanya pada aspek pelaksanaannya”Ujar Kapolres.

Dikatakannya, aspek  perencanaan, Bhabinkamtibmas bisa sama-sama menginformasikan kegiatan yang akan direncanakan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kemudian untuk transparansi anggaran, Bhabinkamtibmas bisa melihat berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan dan direalisasikan, kemudian disesuaikan dengan pertanggungan jawabannya yang sama-sama di susun secara transparanserta diketahui bersama-sama.

“Khususnya Bhabinkamtibmas agar selalu berembug dengan masyarakat mengenai bentuk program apa yang betul-betul bisa mengubah wajah Desa termasuk membangkitkan ekonominya, yang bertujuan agar Dana Desa tepat sasaran dan tidak mengarah kepada penyimpangan dan diharapkan jangan main-main dengan penggunaan Dana Desa”,Pintanya.

Ia juga menambahkan, pengerahan Bhabinkamtibmas tersebut diprakarsai Kapolri Jendderal Tito Karnavian dalam bentuk MOU bersama Mendagri dan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) soal pengawasan anggaran Desa, yang mengikut sertakan Polri dalam upaya Pendampingan dan pengawasan pengelolaan Dana Desa yang lebih tepat.

Dengan demikian, keterlibatan para Bhabinkamtibmas ini dimaksud untuk upaya preventif terjadinya penyimpangan dan penyelewengan Dana Desa. (AMD)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful