Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / BAPETEN RI Kenalkan Aspek Keselamatan dan Keamanan Nuklir di Politeknik Lhokseumawe

BAPETEN RI Kenalkan Aspek Keselamatan dan Keamanan Nuklir di Politeknik Lhokseumawe

Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), RI Prof. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., IPU.

LINTASNASIONAL.COM, LHOKSEUMAWE- Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) Republik Indonesia, menilai keberadaan teknologi informasi pengawasan tidak dapat dipisahkan dari fungsi BAPETEN. Potensi ancaman via jaringan komputer bahkan pernah menghantui Indonesia belum lama ini, ancaman tersebut jelas menyerang jaringan internal yang berdampak terhadap tidak berfungsinya sistem informasi.

“Karena ancaman berbasis teknologi informasi sangat marak saat ini, tentunya menjadi perhatian tersendiri bagi BAPETEN. Potensi ancaman pemanfaatan tenaga nuklir saat ini tidak hanya sebatas tindakan pencurian atau sabotase, tetapi adanya indikasi melalui jaringan komputer,” kata Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), RI Prof. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., IPU
di Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe, Kamis 2 November 2017.

Menurut Jazi Eko, Badan Tenaga Atom International atau IAEA pun kerap membahas isu krusial ini pada sidang tahunannya, dimaksudkan agar segenap negara anggota jangan pernah menyepelekan masalah tersebut. Terutama bagi negara-negara yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

“Maka pentingnya kalangan perguruan tinggi untuk mengetahui hal ini, agar tercipta pemahaman sebuah aspek keselamatan dan keamanan nuklir di bidang teknologi informasi. Terlebih bagi perguruan tinggi Politeknik Negeri Lhokseumawe, ini sangat penting untuk diketahui menyangkut hal tersebut,” ungkap Prof. Jazi Eko Istiyanto.

Jazi Eko berharap kedepan bagi kalangan perguruan tinggi agar dapat menghasilkan aplikasi sistem keamanan nuklir, memberikan informasi tentang aplikasi sistem keamanan nuklir, sekaligus memberikan peluang untuk ikut serta dalam peyelesaian masalah keamanan nuklir saat ini.

Lanjut Jazi Eko, saat ini banyak pandangan negatif masyarakat terhadap penggunaan nuklir. Untuk itu, pihaknya menekankan penggunaan energi nuklir yang selamat dan aman serta melindungi pekerja, masyarakat dan lingkungan hidup.

“Terkait perizinan saat ini BAPETEN telah melakukan stikerisasi terhadap rumah sakit yang menggunakan fasilitas radiasi, stikerisasi ini menandakan ketaatan rumah sakit terhadap regulasi yang kita berlakukan. BAPETEN juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk menunjang tupoksi lembaga sebagai badan pengawas terkait riset dan kajian dalam hal pengawasan keselamatan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN),” ujar Jazi Eko.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), RI, Prof. Dr. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc., IPU saat mengisi kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe, di Gedung Auditorium kampus tersebut. Sedangkan pembicara lainnya yaitu Wakil Rektor I Unsyiah Banda Aceh Dr. Hizir. Kegiatan itu dengan mengusung tema “Cybersecurity dan Big Data”.

Penulis: Muhammad Fazil

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful