Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Terkait Dugaan Malpraktik, Ini Penjelasan Ketua Yayasan Rumah Sakit Kasih Ibu Lhokseumawe

Terkait Dugaan Malpraktik, Ini Penjelasan Ketua Yayasan Rumah Sakit Kasih Ibu Lhokseumawe

Ket: Ketua Yayasan RS Kasih Ibu Lhokseumawe, Hj. Herawati (tengah) didampingi dokter dan staf memberikan penjelasan terkait dugaan Malpraktek pada Senin 13 November 2017.

LINTAS NASIONAL – ACEH UTARA, Terkait dugaan yang menyebut adanya malpraktik terhadap Muhammad, warga Aceh Utara, setelah menjalani operasi usus buntu di RSU Kasih Ibu dibantah oleh Hj. Herawati SH, selaku Ketua Yayasan Rumah Sakit tersebut.

Menjawab pemberitaan media ini, pihak RSU Kasih Ibu keberatan dengan istilah Malpraktik, karena menurutnya secara hukum dan Undang-undang, sudah tidak ada lagi yang namanya malpraktik, yang ada hanyalah kelalaian dalam perawatan medis.

“Sudah ratusan, malah ribuan pasien yang kami tangani, mudah-mudahan ini tidak menyebar,” kata Hj. Herawati kepada Wartawan Lintasnasional.com, Senin 13 November 2017.

Didampingi dr. Ahyar dan dr. Darwin beserta staf Rumah Sakit, Hj. Herawati juga menjelaskan, awalnya pasien yang bernama Muhammad (35) warga Gampong Matang Kumbang Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara tersebut, menderita sakit perut dan mengalami kebas di kaki dan susah digerakkan.

Baca juga: Diduga Korban Malpraktik, Setelah Operasi Usus Buntu Warga Aceh Utara Menderita Lumpuh

“Jadi yang pertama kali kami lakukan adalah meringankan sakit pasien, dan itu dilakukan oleh dokter yang bertugas di UGD, dan yang dilakukan oleh dokter sudah sesuai dengan SOP dan Protap Rumah Sakit,” tegas Herawati.

Lanjutnya, setelah diperiksa di UGD, mereka memindahkan pasien tersebut ke ruangan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Besoknya kami konsultasikan ke dokter bedah, karena hasil diagnosa sementara pasien mengalami gejala radang usus buntu (Appendicitis) akut karena mengalami sakit kebas-kebas,” katanya.

Tambahnya lagi, setelah dikonsultasikan dengan dokter bedah, dalam hal ini dr. Darwin, ia melakukan pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan radiologi, sehingga diambil kesimpulan pasien harus di operasi.
 Ketika disinggung terkait rujukan ke RSU Adam Malik Medan dr. Herawati menjelaskan peralatan medis dan obat-obatan yang dibutuhkan pasien tidak tersedia di RSUZA Banda Aceh.
 “Dengan alasan itulah kami merujuk pasien ke RSU Adam Malik Medan,”
 Hj. Herawati juga menjelaskan penyebab lumpuh ada tiga kategori, diantaranya, sakit di kepala, di tulang rusuk belakang dan di kaki, karena pasien tersebut memiliki penyakit tersendiri dan juga ketidaksabaran keluarga dalam proses perawatan.
Yang anehnya pihak RSU Kasih Ibu tidak mungkin lagi memberikan perawatan lanjutan kepada pasien, mereka beralasan sudah merujuk ke RS Adam Malik sesuai dengan peraturan medis.
Sebelumnya diberitakan Muhammad (35) warga Gampong Matang Kumbang Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara mengalami lumpuh kedua kakinya setelah menjalani operasi di RS Kasih Ibu. Pihak keluarga menduga, Muhammad mengalami lumpuh setelah menjalani operasi di RS tersebut.
“Menurut keterangan dokter RSU Adam Malik, Muhammad menderita lumpuh kedua kakinya akibat terjadi infeksi ketika disuntik bius dan itu dibuktikan dari hasil Rotgen,” sebut Dewi Mutia saat ditemui di ruang RJK di RSUD Cut Mutia Aceh Utara pada Minggu 12 November 2017.
Menurut Dewi yang merupakan istri pasien sebenarnya pasca operasi, pasien dan keluarganya menolak dirujuk ke RS Adam Malik. “Saat itu kami menginginkan dirujuk ke RSUZA Banda Aceh saja, tapi pihak RS Kasih Ibu memaksakan pasien harus dirujuk ke RSU Adam Malik,” kisah Dewi.
Dalam hal ini Pihak keluarga akan meminta pertanggungjawaban RS Kasih Ibu supaya bertanggung jawab dan tidak semena-mena dalam menangani pasien.
“Kami hanya menginginkan pihak RS Kasih Ibu bertanggungjawab atas apa yang dialami oleh suami saya,” pungkasnya Laporan: Ikhsan Nurdin

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful