Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / 220 Calon Panwascam Abdya Ikut Ujian Tulis

220 Calon Panwascam Abdya Ikut Ujian Tulis

Foto: 220 calon pengawas pemilu di level Kecamatan dalam Kabupaten Abdya mengikuti ujian tulis yang berlangsung di Kampus STIKIP Muhammadiyah Abdya, Jumat 17 November 2017.

LINTAS NASIONAL, ACEH BARAT DAYA – Sebanyak 220 dari 247calon pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti seleksi ujian tulis yang berlangsung di Kampus STIKIP Muhammadiyah Abdya, Jumat 17 November 2017, kegiatan dimulai sejak pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Ketua Panwaslu Abdya Ilman Sahputra mengatakan, calon Panwascam yang lulus administrasi sebanyak 247 orang sedangkan yang tidak hadir sebanyak 27 orang. “Jadi yang tidak hadir otomatis dinyatakan gugur,” katanya.

Ilman menjelaskan, dari jumlah 220 calon Panwascam yang mengikuti ujian tulis itu nantinya akan dipilih 27 orang untuk ditugaskan di sembilan Kecamatan dalam Kabupaten Abdya setelah tahapan selanjutnya seperti tes wawancara. “Nanti setiap Kecamatan dipilih 3 orang Panwascam,” ucapnya.

Ilman menambahkan, sebelum ujian tulis dimulai panwaslu Abdya membukakan soal-soal ujian yang diantar langsung dua orang staf Bawaslu Provinsi Aceh yang disaksikan oleh seluruh peserta. “Soalnya langsung dari Banda Aceh yang diantar langsung kesini pada saat ujian tulis mahu memulai,” sebutnya.

Menurutnya, prinsipnya seleksi ujian tulis ini adalah kompetensi dasar bagi calon panwascam tentang wawasan isu demokrasi, politik dan, aturan kepemiluan. Pemahaman panwascam sebagai pengawas pemilu haruslah mampu dan memahai segala aturan kepemiluan baik undang-undang, peraturan KPU dan peraturan bawaslu.

“Pemahaman dan kapasitas calon-calon pengawas pemilu memang dituntut lebih dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya yang telah ditingkatkan berdasarkan undang-undang pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Abdya Fahrul Rizha Yusuf mengharapkan kepada masyarakat Abdya dapat memberikan tanggapan atau masukan kepada Panwaslu Abdya terhadap calon-calon panwascam ini rekam jejak mereka ini.

“Jika ada bukti-bukti terlibat dalam kepengurusan partai politik, mempunyai jabatan di pemerintahan, hal lainnya yang tidak dibenarkan dalam aturan. Sehingga ke depannya Panwascam yang terpilih nantinya mempunyai moralitas dan integritas yang mumpuni dan mampu bekerja penuh waktu sesuai asas penyelenggara pemilu,” pungkasnya. (JM)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful