Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / DJP Aceh Himbau Wajib Pajak Segera Lapor Aset Negara Tersembunyi

DJP Aceh Himbau Wajib Pajak Segera Lapor Aset Negara Tersembunyi

LINTAS NASIONAL –  BANDA ACEH, Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Aceh menghimbau bagi seluruh wajib pajak yang memiliki harta yang belum melaporkan dalam Surat Pembayaran Tahunan (SPT) maupun Surat Pernyataan Harta (SPH) agar segera melaporkan asset tersebut, dengan membayar pajak penghasilan melalui prosedur pengungkapan aset secara sukarela dengan tarif Final (PAS-Final).

“Mengingat Direktorat Jendral Pajak kembali mengeluarkan revisi kedua peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 118/PMK.03/2016 tentang pelaksanaan program pengampunan pajak telah terbit dengan ditetapkan PMK Nomor 165/PMK.03/2017,” ujar Kepala Direktorat Jendral Pajak Kanwil Aceh Ahmad Djamhari pada konferensi pers di Kanwil DJP Aceh, Senin 27 November 2017.

Lanjutnya, PMK-165 ini mengatur mengenai prosedur perpajakan bagi wajib pajak yang melaporkan aset tersembunyi sebelum aset tersebut ditemukan oleh Direktorat Jendral Pajak. Maka ketentuan sanksi dalam pasal 18 UU pajak tidak berlaku bagi wajib pajak yang memanfaatkan prosedur PAS-Final.

Menurut Ahmad Djamhari asset yang harus dibayar pajak penghasilan dengan tarif orang pribadi umum 30 persen, badan umum 25 persen dan orang pribadi/badan tertentu penghasilan usaha atau pekerjaan bebas Rp 4,8 milliar dan karyawan dengan penghasilan Rp 632 juta sebanyak 12,5 persen.

“Prosedur PAS-Final dapat dilaksanakan dengan menyampaikan surat pemberitahuan massa Pajak Penghasilan (PPh) Final, dilampiri dengan kode akun pajak 411128 dan kode jenis setoran 422 ke KKP tempat wajib pajak terdaftar”, cetus Ahmad Djamhari.

Katanya, prosedur PAS-FINAL ini hanya dapat di manfaatkan selama Ditjen Pajak belum menerbitkan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) Pajak sehubungan dengan ditemukannya data aset yang belum diungkapkan.

“Oleh karena itu, Ditjen Pajak mengimbau semua wajib pajak baik yang belum dan terlebih khusus yang sudah ikut Amnesti Pajak dan masih memiliki asset tersembunyi untuk segera memanfaatkan prosedur PAS-Final sebagaimana di atur dalam PMK-165 ini, sebelum Ditjen Pajak menemukan data asset tersembunyi tersebut”, ungkap Ahmad Djamhari. (Alan)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful