Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / 37 Usaha Sarang Walet di Abdya Belum miliki Izin

37 Usaha Sarang Walet di Abdya Belum miliki Izin

usaha sarang burung walet

LINTAS NASIONAL – Abdya, Sebanyak 37 usaha sarang burung walet di Kecamatan Blangpidie dan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga saat ini belum memiliki izin. Kepada pemiliknya supaya mengurus izin sebelum dilakukan eksekusi oleh pemerintah, Rabu 20 Desember 2017.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Aceh Barat Daya Firmansyah, mengakui beberapa waktu yang lalu tim dari dinasnya telah melakukan pendataan kedua di kecamatan itu dan didapat hasilnya ada sekitar 37 usaha belum ada izin dari pemerintah daerah setempat.

“Usaha itu terdapat di Blangpidie dan Susoh.  Untuk sementara ada 37 yang tanpa izin usaha sarang walet. Termasuk toko yang dijadikan usaha itu tidak ada IMB kecuali lantai satu saja dan lantai seterusnya tidak ada,” kata Firmansyah.

Ke depan, semua kecamatan lain di Abdya yang memiliki usaha sarang walet akan didata tentang kepemilikan izin. Seperti di Kecamatan Manggeng, Tangan-tangan, Kuala Batee dan Babahrot.

Menurut dia, dalam waktu dekat tepatnya di bulan Januari nanti pihaknya juga akan melakukan rapat bersama dengan pihak Bappeda, Satpol PP, serta pihak Kehutanan untuk membahas itu termasuk Dinas Perkim dan LH Abdya sebelum eksekusi dilakukan.

Tujuan rapat untuk menyimpulkan dan membicarakan mengenai pemilik usaha walet yang tidak memiliki izin dan sanksi apa yang harus diberikan. Maka dari itu, sebelum mereka mengurus izin, pihaknya juga akan melihat kelayakan dari usaha itu,  Atau malah tidak layak sehingga izin ditunda.

“Saat izin diurus kita lihat lagi apakah layak atau tidak. Kalau layak diberikan kalau tidak ya tidak diberikan. Termasuk memperhatikan faktor lingkungan. Apakah membahayakan kesehatan masyarakat sekitar termasuk memperhatikan faktor lingkungan dan unsur RTRW,” kata Firmansyah.

Artinya, pihak pemerintah harus mempunyai dasar apa sebab kalau usaha mereka nanti dibilang tidak layak dan itu semua harus dipersiapkan oleh pihaknya.  Tapi yang pasti, kata Firmansyah, sebelum dilakukan eksekusi termasuk saat pendataan. Pihaknya selalu melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada pemilik usaha itu.

Firmansyah berharap supaya pemilik segara mengurus izin sebelum dilakukan eksekusi.jimi

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful