Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Meraih Sukses Dengan Mengembangkan Diri

Meraih Sukses Dengan Mengembangkan Diri

Oleh: Fitri Auliani

Semua orang memimpikan sebuah kesuksesan. Dimana kesuksesan ini bukan sesuatu yang bisa didapat dengan instan, tanpa adanya usaha yang maksimal.

Makna kesuksesan juga berbeda bagi setiap orang dan cara menempuhnya pun beragam. Beberapa cara yang bisa dikembangkan dalam usaha meraih kesuksesan adalah dengan mengenali potensi diri dan mengembangkannya, mampu melakukan penyelesaian masalah, serta memiliki jiwa kepemimpinan (leadership).

Beberapa ahli berpendapat bahwa Potensi diri dimiliki oleh semua orang dan potensi diri mampu membawa seseorang pada kesuksesan. Maslow percaya bahwa manusia membawa potensi yang luar biasa di dalam dirinya untuk menjadi “a Good Human Being” atau “Manusia yang Baik.”

Ia juga percaya bahwa setiap manusia sesungguhnya dapat mengaktualisasikan potensi dirinya tersebut, kecuali bila ia mengalami patologi. Namun pada kenyataannya manusia memiliki banyak hambatan dalam mengembangkan potensi dirinya.

Oleh karena itu diperlukan cara-cara dan metode-metode khusus untuk dapat merealisasikannya. Berikut upaya yang dapat di lakukan untuk mengenali dan mengembangkan potesi diri:
Mengenali diri sendiri. Mencari tau apa yang di senangi adalah salah satu cara untuk mengenal diri sendiri, hal tersebut dapat terlihat melalui hobi, karena hobi biasanya menggambarkan bakat seseorang.

Mencari wadah yang sesuai dengan bakat dan minat. Bergabung dengan organisasi atau klub-klub tertentu supaya bakat dan minat dapat terasah.
Mengevaluasi sejauh mana bakat dan minat telah berkembang. Melihat apakah bakat dan minat selaras dengan tujuan dan cita-cita yang telah di tentukan.

Namun, saat kita menjalankannya tentu ada masalah-masalah yang muncul yang harus kita selesaikan. Pemecahan masalah dan Pengambilan keputusan itu sendiri ialah proses melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Keputusan yang baik adalah keputusan yang dapat memberi solusi terbaik dari sekian alternaif yang ada. Upaya dalam pengambilan keputusan yang dapat di lakukan adalah sebagai berikut.

Mengenali masalah. Dengan mereview permasalahan dan mancari kunci dari permasalahan. Mengumpulkan informasi penting terkait masalah yang terjadi sehingga kita dapat berfokus pada solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Menyusun Strategi. Dengan menuliskan beberapa solusi beserta konsekuensinya, agar mempermudah untuk melihat mana solusi yang paling tepat serta seberapa efektif dalam menyelesaikan masalah kita.
Mengevaluasi. Meninjau ulang, seberapa efektif solusi yang dipilih dalam menyelesaikan permasalahan, apakah solusi tersebut tepat atau tidak.

Secara tidak langsung proses penyelesaian masalah juga membantu kita mengembangkan sisi kepemimpinan, karena seorang pemimpinpun dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Berbicara tentang pemimpin, sebelum kita memimpin orang lain kita perlu menjadi pemimpin untuk diri sendiri dengan mengembangkan Konsep kepemimpinan diri (self leadership). Konsep ini merupakan konsep baru dalam teori kepemimpinan sebagai pengembangan fungsi dari manajemen diri, pengarahan diri, kontrol diri dan motivasi diri.

Upaya-upaya yang harus saya lakukan adalah:
Menetapkan tujuan. Dengan menetapkan tujuan maka kita dapat memimpin diri sendiri untuk bergerak menuju tujuan hidup kita.

Mengelola diri. Pengelolaan diri termasuk dalam pengelolaan waktu dan penetapan hal yang menjadi prioritas mulai dari hal yang terpenting hinga kurang penting.

Pelaksaanaan yang konsisten. Rencana atau proses yang baik tidak akan bermakna jika kita tidak konsisten. Oleh karena itu kita perlu konsisten dalam setiap langkah dalam mencapai tujuan. Dengan berkonsisten maka kita tidak rentan terhadap godaan, hambatan, maupun masalah.

Mengevaluasi diri. Dalam bertindak terkadang kita melakukan kesalahan. Oleh karena itu, saat kita melakukan kesalahan segeralah perbaiki kesalahan tersebut, karena orang yang hebat tidak akan mengulangi kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Berikut beberapa item yang dapat pilih untuk mengembangkan diri menuju kesuksesan. Selain itu, dengan bersunguh-sungguh dalam melakukannya, membuat sebuah komitmen, dan menetapkan target, ialah suatu alternatif supaya saat mengalami kegagalan kita memiliki pengingat bahwa bukan waktunya untuk menyerah. Karena sukses tidak akan didapat tanpa usaha dan pengorbanan.

Penulis merupakan Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful