Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Pengidap Penyakit TBC di Aceh Utara Mencapai 2.758 Orang

Pengidap Penyakit TBC di Aceh Utara Mencapai 2.758 Orang

 


LINTASNASIONAL.COM, ACEH UTARA- Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Kabupaten Aceh Utara memperingati hari TBC (Tuberkulosis) yang jatuh pada 24 Maret. Mereka melaksanakan dengan berbagai kegiatan guna mencegah serta memberantas penyakit mematikan tersebut.

Kegiatan utama dirangkai dengan Seminar Sehari dan Pelantikan Pengurus Anak Ranting, di Hotel Diana, Kota Lhokseumawe, Kamis 29 Maret 2018.

Ketua Pelaksana dr. Basli Muhammad, Sp.S, mengatakan, sebelumnya PPTI Aceh Utara juga telah melakukan beberapa kegiatan lainnya untuk memberantaskan penyakit TB, di antaranya membagikan masker kepada warga di Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara. Juga membagikan masker dan sosialisasi kepada penghuni Lapas Lhoksukon, serta membagikan brosur gerakan waspada TB kepada masyarakat Aceh Utara.

“Untuk itu, kita mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pengurus PPTI Aceh Utara dengan sukarela dan turut bahu membahu mensyiarkan untuk memberantaskan penyakit TB di daerah ini. Oleh karenanya kedepan kita sangat membutuhkan energi yang besar untuk menekankan angka pengidap penyakit tersebut,” ungkap Basli Muhammad.

Sementara itu, Ketua PPTI Aceh Utara, dr. Indra Buana, Sp.P, menjelaskan, bahwa Kabupaten Aceh Utara adalah pengidap penyakit TB terbanyak di Provinsi Aceh dengan jumlah sebanyak 2.758 pengidap (penderita) penyakit tersebut. Bahkan, akibat dari penyakit itu juga dapat meningkatnya angka kemiskinan di Aceh Utara.

“Jika sudah mengidap penyakit tersebut, maka penderita sudah sulit untuk bekerja. Tentu pendapatannya tidak ada, maka faktor lain dari penyakit ini dapat meningkatkan angka kemiskinan,” ujar dr. Indra Buana, yang juga dokter Spesialis Paru tersebut.

Oleh karenanya, kata Indra Buana, untuk memberantaskan wabah itu merupakan tanggungjawab semua elemen agar bahu membahu serta menyiapkan energi yang besar. PPTI Aceh Utara dan relawan yang peduli kemanusiaan, mendukung pemerintah Aceh Utara untuk menekankan angka pengidap (penderita) TB.

“Ini merupakan tanggungjawab semua eleman masyarakat, kita bersedia membantu pemerintah dan terus mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama peduli guna menekankan angka pengidap penyakit TB tersebut. Kita terus bergerak untuk peduli TBC menuju indonesia sehat, TB bukan kutukan. Tapi dapat disembuhkan,” katanya.

Dalam seminar tersebut, PPTI Aceh Utara menghadirkan empat pemateri di antanya, dr. Indra Buana, Sp.P, dr. Basli Muhammad, Sp.S, dr. Muchlis Yazid, M.Kes, Sp.PD, dan dr. Eli Kusmayati, Sp.A yang diikuti ratusan peserta dari berbagai elemen.

Penulis: Muhammad Fazil

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful