Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / MaTA: Pemanggilan P2K Pusong Baru Oleh Komisi A DPRK Lhokseumawe Inskonstitusional

MaTA: Pemanggilan P2K Pusong Baru Oleh Komisi A DPRK Lhokseumawe Inskonstitusional

LINTAS NASIONAL – BANDA ACEH, LSM Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) menilai langkah yang dilakukan Komisi A DPRK Lhokseumawe terkait pemanggilan P2K dan pihak lainnya merupakan inskonstitusional.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Bidang Hukum dan politik MaTA Aceh Sari Yulis pada Selasa 3 April 2018, Ia menilai dasar pemanggilan yang dilakukan oleh DPRK merupakan inkonstitusional atau tidak berlandaskan hukum.

“Jika dilihat dari kewenangan DPRK Penyelesaian perselisihan itu ranahnya eksekutif atau Walikota yang juga dimulai dari Tuha Peut, Camat dan Walikota, hal itu dilihat dari substansi kewenangan,” jelas Sari Yulis

Terkait langkah DPRK, MaTA menilai adanya penyalahgunaan kekuasaan yng ditunjukkan oleh Komisi A DPRK Lhokseumawe.

“Hak DPRK hanya sebatas interpelasi, angket dan menyatakan pendapat, itu tidak bisa masuk ke ranah desa, karena desa juga memiliki sifat otonom tersendiri,” sebut Sari Yulis yang juga alumni Sekolah Demokrasi Aceh Utara tersebut.

Dalam hal ini, MaTA meminta Komisi A DPRK Lhokseumawe untuk mengembalikan persoalan tersebut ke ranah Eksekutif, agar tidak terjadinya penyalahgunaan kekuasaan.

“DPRK semestinya lebih fokus pada persoalan Pemerintahan Kota, mulai dari penganggaran sampai dengan pengawasan yang benar-benar diterapkan dalam pelaksanaannya,” pungkas Sari Yulis

Sebelumnya diberitakan Komisi A DPRK Kota Lhokseumawe memanggil sejumlah pihak yang terlibat dalam Pilchiksung tersebut diantaranya Pj. Keuchik, Tuha Peut, P2K dan ketiga kandidat Keuchik yang kalah.

Surat pemanggilan yang bertanggal 3 April 2018 ditandatangani oleh Ketua Komisi A Faisal Rasyidis yaitu menindaklanjuti dari laporan ketiga calon Keuchik yang tidak menerima kekalahan, mereka menganggap P2K melakukan kecurangan. (AN)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful