Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Secara Sukarela, Alumni IAIN Lhokseumawe Ini Kumpulkan Donasi untuk Bantuan Rumah Dhuafa

Secara Sukarela, Alumni IAIN Lhokseumawe Ini Kumpulkan Donasi untuk Bantuan Rumah Dhuafa

 

Foto IST: Desi Maulizar

LINTASNASIONAL.COM, LHOKSEUMAWE- Sebahagian tekad seseorang dalam melakukan giat sosialnya patut diacungi jempol, demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan mereka bersiap membantu masyarakat yang membutuhkan.

Iktikad baik itu dilakukan oleh saudari Desi Maulizar yang merupakan Alumni Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe.

Sejak akhir tahun 2017 lalu, dirinya sudah aktif melakukan giat sosialnya melalui akun Fecabook dengan mengumpulkan donasi dari pengguna Facebook untuk bantuan rumah dhuafa kepada masyarakat miskin di wilayah Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

Desi Maulizar merupakan warga Desa Kuala, Kacamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, ia memiliki inisiatif sendiri dalam memanfaatkan media sosial dan berguna untuk masyarakat luas, khususnya melihat masyarakat miskin yang benar-benar membutuhkan.

Untuk akun Facebook yang digunakannya yaitu Desy Anwar, melalui akun itu dirinya mengumpulkan dana dari pengguna Facebook lainnya yang ingin menyumbangkannya.

“Kegiatan ini sudah saya lakukan sejak akhir 2017 lalu, dan mulai memasuki tahun 2018 sudah berhasil dibangun maupun rehab rumah untuk masyakakat miskin terdapat tiga unit rumah. Dua diantaranya sudah selesai, satu lagi masih dalam proses penggalangan dana dan keperluan lainnya, dalam waktu dekat ini kita bersama Kodim 0103 Aceh Utara langsung menuju ke lokasi tersebut. Karena saya bekerja sama dengan pihak kodim setempat,” kata Desi Maulizar, kepada Lintasnasional.com, Rabu 4 April 2018.

Lanjut Desi, rumah pertama dibangun yaitu di Desa Matang Sijuek, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara yang diterima oleh Salbi merupakan anak yatim piatu. Itu merupakan awal mula proses penggalangan dana pertama, rumah tersebut dengan cara direhab dibagian lantai di dalam rumah dimaksud.

Kemudian, kedua diberikan kepada Yusran (56) warga Desa Madan, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, dan Rasyidin warga Desa Pande, Kecamatan Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara.

“Untuk bapak Rasyidin dalam waktu dekat kita akan segera membangun rumah sebagaimana yang sudah dilakukan kepada masyarakat lainnya. Karena mereka benar-benar masyarakat kurang mampu (miskin), sehingga layak dibantu walau hanya secara alakadar atau semampu kita. Kita juga melihat di mana saja ada warga yang kurang mampu nantinya akan dibantu, Insya Allah,” ungkap Desi Maulizar.

Namun, ia bersama Dandim 0103 Aceh Utara juga melihat masyarakat yang benar-benar patut dibantu, dan pihaknya tidak hanya menerima donasi berupa uang tunai, selain itu juga seperti material berupa batu-bata, semen, kayu dan keperluan lainnya.

“Kalau rumah semi permanen itu membutuhkan dana kurang lebih mencapai Rp. 25 juta. Dana itu hasil terkumpulkan dari penyumbang melalui media sosial Facebook yang saya terima, setelah terkumpul lalu saya berkoordinasi dengan pihak Kodim Aceh Utara, karena kodim juga banyak membantu untuk kelancaran kegiatan sosial ini,” ujar Desi.

Menurutnya, karena target rumah yang dibangun itupun tidak harus berukuran besar, dilihat juga bagaimana kondisi rumah penerima bantuan tersebut, intinya disesuaikn saja. Malihat giat sosial tersebut, pihak donatur lainnya juga ikut membantu apabila masih terdapat kekurangan dalam hal keperluan membangun maupun rehab rumah dhuafa dimaksud.

“Saya melakukan giat ini karena terinspirasi dari kehidupan saya sebelumnya, artinya pernah merasakn seperti mereka. Maka saya tahu apa yang mereka alami saat ini, sehingga saya tidak sampai hati melihat mereka seperti itu, miris dan teharu. Saya melakukan ini semampunya saja, tujuannya adalah untuk kebaikan dalam membantu antar sesama,” ungkap Desi Maulizar kelahiran 07 Desember 1989 itu.

Ia menambahkan, dirinya ikhlas dan tulus dalam membantu masyarakat tersebut, tidak mengharapkan sesuatu dari pihak manapun.

Untuk diketahui, Komandan Kodim (Dandim) 0103 Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, kembali menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada masyarakat kurang mampu Yusran (56) warga Desa Madan, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Selasa 3 April 2018.

Program bedah rumah ini merupakan bentuk kepedulian dari Kodim 0103 Aceh Utara di wilayah Kabupaten Aceh Utara, kodim juga bekerja sama dengan berbagai pihak baik perusahaan BUMN, swasta maupun perorangan.

“Rumah yang dibangun kepada Yusran ini berkat kerja sama antara Kodim 0103 Aceh Utara dengan masyatakat yang mengumpulkan dana melalui media sosial Facebook, yang dikumpulkan oleh saudari Desi Maulizar,” kata Fadjar Wahyudi Broto.

Lanjut Dandim, rumah bapak Yusran ini merupakan rumah yang ketujuh diberikan kepada masyarakat dalam tahun 2018. Untuk itu, pihaknya berharap kedepan ada pihak-pihak lainnya yang peduli terhadap masyarakat kurang mampu (miskin) di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi bapak Yusran, mari kita bersatu dengan menyisihkan sedikit rezeki untuk membantu saudara-saudara kita yang masih hidup serba kekurangan,” harap Dandim Fadjar Wahyudi Broto.

Penulis: Muhammad Fazil

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful