Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Bitcoin, Mata Uang Masa Depan?

Bitcoin, Mata Uang Masa Depan?

Oleh: Mhd. Ayita Bahar

Bitcoin adalah salah satu mata uang virtual paling populer di dunia. Secara sederhana bitcoin diartikan sebagai uang tunai di internet, dimana tidak ada bank, kartu kredit, biaya atau adanya kekhawatiran terkait pencurian yang sering terjadi. Sebagian orang menyebut Bitcoin sebagai Cast Fot The Internet. Mata uang ini berbentuk digital dan tengah viral dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat dunia juga menggunakan bitcoin sebagai salah satu jalan keluar untuk mencegah inflasi sekiranya nilai mata uang negara menurun. Bitcoin merupakan mata uang virtual  yang muncul pada tahun 2009. Mata uang virtual ini dikembangkan oleh seorang yang memiliki nama Jepang Satoshi Nakamoto. Namun diketahui bahwa bahwa nama tersebut adalah nama samaran.

Saat ini tidak dipungkiri bahwa popularitas bitcoin sudah mencapai seluruh dunia dengan transaksi mencapai puluhan triliun. Sampai saat ini, nilai seluruh bitcoin yang sudah beredar di seluruh dunia nilainya sudah mencapai 600 triliun rupiah. Padahal pada awal munculnya bitcoin, nilainya sangat rendah dan nyaris tidak berharga.

Maraknya penggunaan bitcoin di kalangan masyarakat, mata uang ini dilarangan oleh Bank Indonesia sebagai alat transaksi. Menurut Gubernur Bank Indonsia  Agus Martowardoyo menyebut alasan melarang penggunaan bitcoin  adalah dalam rangka melaksanakan prinsip kehati-hatian, menjaga persaingan usaha, pengendalian resiko dan perlindungan konsumen. Alasan lain pelarangan penggunaan bitcoin ini adalah konteks sistem pembayaran, bitcoin yang bukan merupakan alat pembayaran yang sah seperti mata uang pada umumnya. Sejumlah negara lain juga melarang penggunaan bitcoin dengan alasan utama ketakutan negar-negara akan volatilitas dan ketidakpastian mata uang digital ini serta adanya ketakutan jika mata uang digital ini digunakan sebagai pembiayaan telorisme. Namun disisi lain sejumlah negara juga melegalkan penggunaan bitcoin sebagai alat transaksi seperti Jepang yang memberikan proteksi tinggi ke warga negaranya yang menggunakan mata uang digital untuk bertransaksi. Dengan demikian warga Jepang memiliki pelindungan dari bebasnya pasar mata uang digital.

Terkait pergerakkan mata uang virtual yang semakin populer di kalangan masyarakat dengan banyaknya penggunaan bitcoin di Indonesia bahkan dunia. Eksistensi bitcoin diprediksi akan terus tumbuh serta meningkat seiring berjalannya waktu karena persediaan bitcoin terbatas, yakni hanya akan ada 21 juta bitcoin yang tersedia didunia.

Penulis merupakan  Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful