Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / BKSDA Aceh Utara Lepaskan Burung Rangkong ke Habitat

BKSDA Aceh Utara Lepaskan Burung Rangkong ke Habitat

 

BKSDA Aceh Utara melepasliarkan burung rangkong di Gunung Salak, Aceh Utara, Senin 16 April 2018.

LINTASNASIONAL.COM, ACEH UTARA- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)‎ Aceh Utara mengimbau masyarakat untuk tidak menjadikan satwa langka sebagai peliharaan.

Hal itu dikatakan Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara, Muhammad Hasan, seusai melepasliarkan dua ekor burung kangkareng perut putih (rangkong) di seputaran pegunungan Kabupaten Aceh Utara, Senin 16 April 2018 sekitar pukul 12.00 WIB.

“Burung rangkong tersebut ditemukan warga setelah sempat terperangkap dalam jaring di perkebunan warga di Desa Cot Kupok, Kecamatan Baktiya Barat, Aceh Utara beberapa hari lalu,” kata Muhammad Hasan, Senin 16 April 2018.

Ditambahkan, berdasarkan Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya. Bahwa setiap orang dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperjualkan satwa yang dilindungi.

“Oleh karenanya, jika ada masyarakat yang memelihara atau menemukan burung atau satwa langka, supaya diserahkan kepada BKSDA untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” ujar Hasan.

Lebih lanjut Hasan mengatakan, tujuan
dilepasliarkan ini agar burung tersebut dapat berkembang biak sebegaimana mestinya, kerena hewan itu harus dilindungi berdasarkan Undang-Undang yang berlaku.

Sementara itu, saat melepasliarkan satwa tersebut, juga turut dilakukan oleh Staf Resort KSDA Aceh Utara, Nurdin yang bersamaan dengan Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Aceh Utara, Muhammad Hasan.

Penulis: Muhammad Fazil

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful