Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / PPK Meurah Mulia Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih untuk PPS dan PPDP

PPK Meurah Mulia Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih untuk PPS dan PPDP

 

PPK Meurah Mulia gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih.

LINTASNASIONAL.COM, ACEH UTARA- Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Meurah Mulia, Kabupaten Aceh Utara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemuktahiran data pemilih tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se- Kecamatan Meurah Mulia pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Bimtek tersebut diikuti PPS sebanyak 150 peserta dan PPDP 70 orang, yang diadakan di Aula Kantor Camat Meurah Mulia, Aceh Utara, Senin 16 April 2018 sekitar pukul 14.00 WIB.

“Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 150 orang yang terdiri dari PPS di 50 desa dan anggota PPDP 70 orang. Tujuan dari kegiatan Bimtek tersebut agar data pemilih benar-benar valid dan anggota PPS serta PPDP memahami tentang Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih,” kata Ketua PPK Kecamatan Meurah Mulia, T. Syamsul Rizal, Senin 16 April 2018.

Menurut T. Syamsul, sistem kerja PPDP dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan cara “door to door” atau mendatangi rumah penduduk di desa masing-masing. PPDP akan melakukan coklit serentak secara nasional sejak Selasa 17 April sampai 17 Mie 2018.

Lanjutnya, untuk itu, PPDP mulai besok (Selasa 17 April 2018) akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pengecekan dan pencocokan data pemilih. Untuk memastikan apakah benar nama-nama penduduk tersebut masih layak atau masih terdaftar sebagai pemilih di desa itu atau tidak.

“Karena bisa jadi warga tersebut sudah berpindah domisili atau meninggal. PPDP juga akan menempelkan stiker bagi rumah yang sudah di coklit,” ungkap T. Syamsul Rizal.

Ia menambahkan, pihaknya berharap agar anggota PPDP dapat melaksanakan coklit sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019.

Harus dilaksanakan sebaik mungkin, karena validitas data pemilih tergantung pada PPDP bagaimana dalam melakukan coklit tersebut.

“Selain itu, perlu dipahami bahwa setiap penyelenggara pemilu harus mengutamakan netralitas dalam bekerja, jangan sampai bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pihak tertentu dalam mensukseskan pemilihan nantinya. Namun saat melakukan coklit, jangan lupa berkoordinasi dengan Kepala Desa (Keuchik) di desa masing-masing, untuk memudahkan dalam mencocokkan data pemilih,” ujar T. Syamsul Rizal.

Sementara itu, yang menjadi pemateri dalam kegiatan itu diantaranya T. Syamsul Rizal selaku Ketua PPK dan Murdani, Zulfadhli, S.HI sebagai anggota PPK Meurah Mulia. Selain itu juga dihadiri Panwaslu Kecamatan (Panwascam) setempat.

Penulis: Muhammad Fazil

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful