Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Siapkah Indonesia Mengukir Prestasi Di Ajang Asian Games 2018?

Siapkah Indonesia Mengukir Prestasi Di Ajang Asian Games 2018?

Oleh: Asmaul Husna

Asian Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan atlet dari seluruh Asia. Asian Games awalnya merupakan ajang olahraga kecil di Asia. Far Eastern Championship Games diadakan untuk menunjukkan kesatuan dan kerja sama antar tiga negara, yaitu Kerajaan Jepang, Kepulauan Filipina, dan Republik Tiongkok. Pada Februari 1949, federasi atletik Asia terbentuk dan menggunakan nama Federasi Asian Games dan menyepakati untuk mengadakan Asian Games pertama pada 1951 di New Delhi, ibu kota India kemudian sepakat bahwa Asian Games akan diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

India sudah ditetapkan sebagai tuan rumah pada tahun 1982 dan OCA memutuskan untuk tidak mengubah jadwal yang sudah ada. OCA merupakan Sebuah asosiasi baru yang dibentuk bernama Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia) dan resmi mengawasi penyelenggaraan Asian Games mulai dari tahun 1986 pada Asian Games di Korea Selatan.

Penyelenggaraan Asian Games edisi ke-18 atau yang lebih dikenal Asian Games XVIII akan dilaksanakan di Indonesia dengan tempat pelaksanaan Jakarta dan Palembang. Ini merupakan ke dua kalinya Indonesia dipercayakan menjadi tuan rumah Asian Games setelah sebelumnya di tahun 1962 Jakarta menjadi tuan rumah edisi ke-4 Asian Games. Indonesia sudah siap menggelar Asian Games 2018, ini merupakan sebuah ajang kompetesi olahraga terbesar se-Asia yang akan di laksanakan pada 18 Agustus- 2 September 2018 mendatang. Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara sudah di tetapkan pada sidang Olympic Council of Asia (OCA) pada 20 september 2014 lalu di Korea dan disetujui juga oleh Dewan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia. Lokasi yang akan menjadi tempat utama dilaksanakannya Asian Games ini yaitu DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat dan Banten.

Daftar cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2018 yaitu. Anggar, Angkat berat, Atletik, Balap sepeda, Berenang, Berkuda, Bilyar, Binaraga, Boling, Bisbol, Bola basket, Bola tangan, Bola voli, Bulu tagkis, Catur, Dayung, Golf, Gulat, Hoki, Judo, Kano, Kabadi, Karate, Menembak, Panahan, Penalton Modern, Rugbi, Senam, Sepak bola, Sepak takraw, Sofbol, Soft tennis, Squash, Taekwondo, Tenis, Tenis meja, Tinju, Triatlon, Wushu, dan Yachting.

Pada saat ini panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC sudah menerima 12.900 pelamar dari jumlah kebutuhan relawan Asian Games 2018 sebanyak 13 ribu orang berasal dari seluruh Indonesia orang pendaftar calon relawan kejuaraan multi cabang empat tahunan ini.
Perhitungan KEMENPORA menunjukkan ada beberapa cabang olahraga yang diperkirakan bisa meraih 15 medali emas di Asian Games 2018 yaitu bulu tangkis, pencak silat, bridge, paralayang, jetski, dayung, angkat besi, balap sepeda,berkuda, boling dan taekwondo. Adapun KONI dan KOI menargetkan ada 16 cabang olahraga yang masing-masing berpeluang meraih satu medali emas.

Dari 45 negara yang akan hadir, harapannya Indonesia bisa masuk 10 besar dengan perolehan medali di Asian Games dengan meraih 16-20 mendali emas. Maka, atlet harus terus tingkatkan prestasi mereka. Selain itu, diperlukan juga semangat dan kerja keras bersama untuk bisa membawa bendera Merah Putih berkibar dan lagu “Indonesia Raya” berkumandang pada Asian Games 2018.
Sebanyak 462 emas diperebutkan dari pertandingan 40 cabang olahraga dan 60 disiplin dalam Asian Games XVIII/ 2018. Untuk pemenang Tournament Asian Games 2018 yang mendapatkan mendali emas, Pemerintah Indonesia sudah menjanjikan memberikan hadiah rumah dan uang sebesar Rp. 1 miliar bagi atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas pada Asian Games 2018. Hal ini diputuskan dalam rapat terbatas soal Asian Games yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla.

Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games yaitu Sukses Asian Games bantu naikkan branding Indonesia, warisan program kepada masyarakat Indonesia dengan volunteer-nya, para generasi muda agar bisa jadi future leader di masa mendatang. Selain itu, Asian Games juga dapat menjadi ajang untuk mempromosikan satwa di Indonesia. Asian Games juga akan membantu pola hidup masyarakat, salah satunya dengan membantu kebiasaan berjalan kaki, mulai hidup sehat, tertib buang sampah, mendisplinkan diri dengan antri, setelah aturan dilarangnya kendaraan pribadi dicanangkan kemudian juga untuk membagkitkan olahraga Indonesia.

Harapan untuk penyelenggara Asian Games 2018 tidak boleh melukai siapa pun, dan harus menghargai siapa pun. Olahraga itu sportivitas, bukan hanya kemenangan dan mendapatkan medali. Jadi esensi dari olahraga adalah kejujuran. Ini harus di tunjukkan para atlet dan penyelenggara Asian Games 2018.

Penulis merupakan Mahasiswi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful