Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Sukses Itu Dimulai Dari Sendiri

Sukses Itu Dimulai Dari Sendiri

Oleh: Natalia Apolince Inggamer

Setiap orang pasti ingin memperoleh sebanyak mungkin kesuksesan, kebahagiaan, dan kepuasan dalam hidup. Sukses sendiri memiliki arti bahwa suatu impian atau tujuan yang ingin di capai oleh seseorang dengan usaha dan kerja keras yang harus di jalani dalam hidupnya agar dapat mecapai sebuah kesuksesan.

Kesuksesan itu tidak dapat kita raih dengan mudah, tidak semudah kita membalikkan telapak tangan, di balik sebuah kesuksesan pasti ada jalan panjang yang berisi catatan perjalanan dan pengorbanan yang berliku. Namun seringkali kita cenderung menilai ataupun mengagumi seseorang dari apa yang sudah mereka capai, tetapi kita lupa untuk melihat apa yang membuat sehingga mereka bisa menjadi sukses Dan bagaimana proses yang mereka jalani untuk mecapai kesuksesan tersebut.

Ada banyak hal yang harus kita lakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut, salah satunya adalah kesuksesan itu harus kita mulai dari diri kita sendiri.

Pendapat filsuf yunani yaitu Aristoteles pernah mengatakan, “Mengenali dirimu sendiri adalah awal dari kebijaksanaan”. Lantas bagaimana cara mengenal diri sendiri? Dengan memahami kelebihan dan keinginan yang kita miliki. Kelebihan yang kita miliki itu dapat kita jadikan sebagai modal utama dalam menentukan target yang ingin kita capai dalam meraih kesuksesan.

Setelah kita mendapat gambaran mengenai siapa diri kita sebenarnya lewat kelebihan, keistimewaan dan keinginan kita maka sejak saat itu kita harus menanamkan rasa percaya diri mengenai apa yang kita miliki dan apa yang kita inginkan.

Dengan Percaya pada kemampuan yang Kamu miliki untuk bisa menjadi seperti apa yang Kamu inginkan, untuk bisa menciptakan kelebihanmu sendiri dan bisa mengubah hidupmu sendiri” .

Ada beberapa cara yang harus kita lakukan ketika kita ingin mencapai sebuah kesuksesan, pertama kita harus mampu mengelolah ego kita. Anthony Robbins (2003), mengatakan bahwa “Ego tidak dapat dihilangkan, tetapi ia dapat dikelola dan disalurkan dengan baik”.

Jadi setiap pencapaian ataupun keberhasilan yang ingin kita capai sangat di pengaruhi oleh bagaimana kita mengelolah ego kita dan menempatkannya dalam sudut pandang ataupun perspektif lain. Jadi pelajaran pertama adalah jangan sampai kita di kuasai oleh ego kita sendiri.

Kedua, Mindset Sukses. Setelah kita dapat mengenal diri kita sendiri dan mampu mengelola ego kita. Selanjutnya, dalam meraih sebuah kesuksesan kita harus mempunya mindset (cara berpikir) sukses. Orang yang ingin sukses harus membangun mindset yang dapat mengarahkannya menuju kesuksesan.

Mindset sukses terbentuk dari cara pandang kita dalam menyikapi berbagai hal dalam hidup. Ketiga, selalu berpandangan positif terhadap apa yang ingin kita kerjakan. Kita harus mampu menyemangati diri kita sendiri, karena pada umumnya orang yang ingin sukses mempunyai cara tersendiri untuk memotivasi diri mereka sehingga mereka cenderung memandang segala sesuatu itu positif. Sehingga mereka dapat terus berusaha untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Keempat kita harus menikmati apa yang sedang kita kerjakan. Orang-orang yang ingin sukses cenderung memandang apa yang sedang mereka kerjakan sebagai hoby atau kesenangan sehingga mereka sangat menikmati setiap proses yang mereka jalani dalam mencapai sebuah kesuksesan

Selain beberapa cara atau langkah di atas, kita juga harus bersungguh-sungguh dalam melakukan apa yang sedang kita kerjakan dan tidak lupa juga dalam melakukan segala sesuatu harus dilandaskan dengan doa kepada Tuhan yang maha esa agar apa segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik.

Penulis merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful