Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Ribuan Mahasiswa Unsyiah Antusias Ikuti Kuliah Umum Surya Paloh

Ribuan Mahasiswa Unsyiah Antusias Ikuti Kuliah Umum Surya Paloh

Surya Paloh didampingi Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng saat memberi kuliah umum di Unsyiah, Jumat 11 Mei 2018 sore.

LINTASNASIONAL.COM, BANDA ACEH – Sekitar seribuan lebih mahasiswa dan civitas akademika Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh antusias mengikuti Kuliah Umum bersama Surya Paloh yang berlangsung di gedung AAC Dayan Daud, Jumat 11 Mei 2018 sore.

Kuliah Umum Surya Paloh di Unsyiah tersebut merupakan salah satu agenda saat kunjungan kerjanya selama tiga hari di Aceh, yaitu 11-13 Mei 2018. Saat tiba di Unsyiah, Surya Paloh disambut meriah oleh civitas akademika Unsyiah baik dari rektorat maupun mahasiswa. Kuliah Umum ini dipandu langsung oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng.

Mahasiswa dan civitas Unsyiah saat mengikuti kuliah umum bersama Surya Paloh, Jumat 11 Mei 2018.

Sebelumnya, pada Jumat pagi Surya Paloh juga melakukan silaturrahmi dengan sejumlah ulama Aceh yang berlangsung di Kyriad Muraya Hotel Banda Aceh, dan pada malamnya Surya Paloh melakukan pertemuan dengan Forkopimda Aceh untuk membahas permasalahan dan situasi Aceh terkini.

Dalam Kuliah Umum di Unsyiah, Surya Paloh menyampaikan materi tentang kebangsaan kepada para mahasiswa dan civitas akademika Unsyiah.

Dalam paparannya, Surya Paloh menuturkan sudah sepatutnya bangsa Indonesia merasa bangga dapat hidup dengan damai di Tanah Air. Menurut Surya Paloh, Indonesia menjadi negara adidaya bukanlah sebuah mimpi di siang bolong mengingat punya kekuatan pendukung dari segala aspek, baik kekayaan alam, luas wilayah dan jumlah penduduk.

“Ini obsesi besar diri saya, bahwa bukan mimpi yang konyol memungkinkan kita jadi negara adidaya. Saat ini kita hidup di negara yang memiliki selusin persayaratan yang dibutuhkan untuk jadi bangsa hebat, negeri perkasa,” ujar Surya Paloh, putra asli Aceh yang namanya melejit di tingkat nasional.

Lebih rinci Surya Paloh menjelaskan bahwa Indonesia merupakan sebuah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan. 17 ribu pulau dengan 3/4 luas lautannya menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi anak bangsa yang mampu memaksimalkan sumber daya alam tersebut.

“Tanahnya bukan kayak Timur Tengah pasir semua, tumbuhan sulit hidup. Di kita semua bisa tumbuh mulai dari singkong, sawit, belum lagi kekayaan mineral bautsit, uranium, apa saja ada di Indonesia. Demikian juga laut kita, gas bumi, semuanya lengkap,” jelasnya.

Namun demikian Surya Paloh juga tidak menutup mata bahwa bangsa ini sejatinya belum sepenuhnya dapat berdiri secara tegak. Masih banyak hal-hal yang membuat dirinya gelisah menyikapi keadaan Indonesia saat ini, khsusnya masalah intoleransi.

“Jiwa saya masih masih gelisah, saya belum tenang, masih bergejolak dengan rasa protes gelisah terhadap situasi kebangsaan. Saya sepakat bangsa ini mulai darurat intoleransi dan moral. Negara yang didirikan dengan penuh spirit toleransi serta menjunjung tinggi nilai etika kini hal tersebut mulai mengecil,” ungkapnya

Oleh karena itu, Surya Paloh mengajak semua pihak terutama kaum terpelajar untuk meningkatkan toleransi dan etika moral. “Bangsa ini membutuhkan sebuah keteladanan. Keteladanan tersebut bisa datang dari manapun, baik itu pemimpin formal maupun informal,” demikian papar pemilik Metro TV itu, seraya mengungkapkan bahwa empati sosial kita hari ini masih rendah sehingga negara kita kalah dengan negara lain.

Kuliah Umum bersama Surya Paloh yang dimulai ba’da Ashar ini berakhir sekitar pukul 18.15 WIB. Usai Kuliah Umum, para mahasiswa berhamburan meminta foto dengan Surya Paloh. Mahasiswa juga antusias mengantri untuk mendapatkan buku ‘Sang Ideolog’ yang ditulis Surya Paloh tentang biografi perjalan hidupnya. Surya Paloh membagikan 1000 lebih buku tentang biografinya tersebut secara gratis melalui panitia. [MK]

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful