Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / PKA-7 Dianggap Lebih Mempromosikan Adat Gayo, Ria Faradipa : Wajar, Karena Gayo Bagian Dari Aceh

PKA-7 Dianggap Lebih Mempromosikan Adat Gayo, Ria Faradipa : Wajar, Karena Gayo Bagian Dari Aceh

LINTAS NASIONAL, BIREUEN – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yg ke 7 telah resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Prof Dr Muhadjir Effendy yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu (05/08) malam. Para kontingen dari seluruh perwakilan kabupaten/kota pun sudah sibuk dengan aktivitas pameran budaya dari kabupaten/kotanya masing-masing.

Namun ada hal menarik dalam acara pembukaan pameran kebudayaan terbesar di Aceh ini yaitu entitas suku Gayo yang dianggap terlalu dominan dimunculkan. Fakta ini jelas terlihat dari pakaian yg dipakai oleh Plt gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT beserta istri ketika menghadiri acara pembukaan tersebut.

Hal ini pun mengundang cukup banyak respon daripada rakyat Aceh melalui media media sosialnya baik itu pro ataupun kontra.

Namun menurut salah satu tokoh muda perempuan Bireuen Ria Faradipa, penggunaan pakaiaan adat Gayo dalam even tersebut sangatlah wajar mengingat Gayo juga bagian dari entitas Aceh.

“Saya menganggap hal tersebut wajar dan sah saja jika bapak Nova memakai adat Gayo dalam acara pembukaan PKA ke 7 ini karena memang beliau adalah putra asli Gayo” ungkap Ria Faradipa salah seorang tokoh muda perempuan Bireuen, pada selasa 08 Agustus 2018.

Menurutnya alangkah baiknya kita untuk tidak berfikir negatif atas maksud bapak Plt gubernur memakai baju adat Gayo pada acara pembukaan tersebut.

“Semua itu pasti ada alasannya dan saya yakin itu tujuannya baik, dari namanya pun kita sudah paham bahwa ini pekan kebudayaan seluruh rakyat Aceh, bapak Nova ini sebagai rakyat Aceh pun punya hak untuk mempamerkan budaya asli daerahnya, bukankah Gayo juga termasuk bagian dari aceh” lanjut perempuan yang juga aktif di ikatan duta wisata kabupaten Bireuen.

Banyak netizen menyayangkan hal tersebut dilakukan oleh orang nomor satu di provinsi Aceh ini karena dianggap telah memprioritaskan sukunya daripada berdiri pada garis netral yaitu memakai baju adat Aceh yang sebenarnya.

“Kita doakan saja yang terbaik untuk Aceh kedepannya, semoga bapak Nova selaku Plt gubernur yang sudah dipercayakan saat ini beserta seluruh pihak-pihak pemangku jabatan yang bertanggungjawab tidak salah langkah dalam mengambil setiap keputusan demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan di bumi Aceh ini”tutupnya. (AN)

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful