Templates by BIGtheme NET
Home / BERITA TERKINI / Terungkap, Kasus Suap Irwandi Yusuf Gunakan Kode ‘Zakat Fitrah Satu Ember’

Terungkap, Kasus Suap Irwandi Yusuf Gunakan Kode ‘Zakat Fitrah Satu Ember’


LINTAS NASIONAL – JAKARTA, Ada sejumlah fakta yang terungkap pada sidang perdana pembacaan dakwaan Bupati Bener Meriah non aktif Ahmadi yang berlangsung di Pengadilan Negeri Tipikor, di Jakarta, Kamis 27 September 2018.

Dalam salinan dakwaan yang diterima awak media dari Juru Bicara KPK Febri Diansyah, terungkap bahwa Gubernur Aceh non aktif Irwandi Yusuf meminta sejumlah fee terkait pelaksanaan proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus (DOK) Aceh tahun anggaran 2018  kepada Ahmadi.

“Terdakwa Ahmadi diduga menyuap Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh total sekitar Rp 1.050.000.000,- dengan maksud agar Irwandi Yusuf mengarahkan unit layanan pengadaan (ULP) Pemerintah Aceh memberikan persetujuan atas usulan terdakwa terkait pengerjaan program yang bersumber dari DOK Aceh 2018 di Kabupaten Bener Meriah,” kata Febri.

Dalam salinan dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK, proses pemberian fee tersebut dilakukan secara perantara dan menggunakan bahasa istilah “satu ember.”

Berikut sepenggal salinan dakwaan tersebut.

Bahwa dalam rangka merealisasikan kesepakatan komitmen fee yang harus
diberikan kepada Irwandi Yusuf terkait pengaturan program/kegiatan pembangunan Kabupaten Bener Meriah yang bersumber dari DOKA tahun 2018, pada tanggal 6 Juni 2018, Hendri Yuzal menyampaikan pesan melalui Muyassir agar Terdakwa menyerahkan uang sejumlah Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Selanjutnya Muyassir menghubungi Terdakwa melalui WhatsApp (WA) menyampaikan pesan Irwandi Yusuf melalui Hendri Yuzal agar Terdakwa menyerahkan uang sejumlah Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) tersebut dengan kalimat “siyap pak, mau ngomong masalah zakat fitrah untuk lebaran ini pak”, “satu ember dulu pak”. Atas permintaan uang tersebut
Terdakwa menyanggupinya dengan mengatakan “ya”.

Setelah itu, bertempat di kafe Quantum Banda Aceh, Muyassir melakukan pertemuan dengan Hendri Yuzal membahas teknis penyerahan “uang zakat fitrah” dari Terdakwa untuk Irwandi Yusuf yang disepakati bahwa “uang zakat fitrah” akan diterima Irwandi Yusuf melalui T. Saiful Bahri yang diterimakan kepada T. Fadhilatul Amri.

Sumber: RRI

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful